KORELASI ANTARA PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 39 PONTIANAK KOTA

Isrotul Markhamah, Mastar Asran, Sukmawati .

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan korelasi antara pengelolaan kelas oleh guru dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SDN 39 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian Studi Hubungan (Interrelationship Studi) dan dengan menggunakan cara penelitian Studi Korelasi (Correlation Studies. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 39 Pontianak Kota yang berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Populasi Sampling dengan jumlah sampel 100 siswa. Berdasarkan hasil analisi data secara keseluruhan diperoleh nilai persentase angket sebesar 84,80% dan nilai rata-rata keseluruhan hasil belajar siswa sebesar 70,56. Hasil perhitungan statistic dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh hasil r hitung sebesar 0,4518 sedangkan tabel yaitu 0,195 ini berarti r hitung > r tabel atau (0,4518 > 0,195) pada taraf kepercayaan signifikan 5% yang berarti bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas yang dilakukan oleh gruu pada pembelelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan hasil belajr siswa kelas IV SDN 39 Pontianak Kota.

Kata Kunci: Korelasi, Pengelolaan Kelas, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar Siswa

Abstract: This study aimed to describe the correlation between classroom management by teachers with student learning outcomes in teaching Social Studies 39 class IV SDN Pontianak. The method used in this research is descriptive method of research forms Relations Studies (Interrelationship Study) and by using the method of research studies Correlations (Correlation Studies. Sources of data in this study were all fourth grade students of SDN 39 Pontianak City totaling 100 people. Technique of taking the population sample using sampling techniques with a sample size of 100 students. Based on the analysis of the overall data obtained by questionnaires percentage value of 84.80% and an overall average of 70.56 students' learning outcomes. statistical calculation results using the product moment correlation formula obtained results count equal to 0.4518 whereas r is 0.195 this means table count r> r table or (0.4518> 0.195) significant at 5% confidence level, which means that there is a positive and significant correlation between classroom management by gruu on pembelelajaran Social Sciences with the result belajr fourth grade students of SDN 39 Pontianak City.

Keywords: Correlation, Classroom Management, IPS Learning, Student Learning Outcomes


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats