PENGGUNAAN MEDIA AUDIO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa yang meliputi kemampuan mengingat, kemampuan menilai, dan kemampuan menanggapi dengan menggunakan media audio pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI a Sekolah Dasar Negeri 08 Pontianak Barat.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif, bersifat kolaboratif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VI a Sekolah Dasar Negeri 08 Pontianak Barat yang berjumlah 43 orang siswa. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal. Hasil pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media audio selalu mengalami peningkatan pada setiap siklus berdasarkan indikator kinerja. Ini ditunjukkan pada peningkatan setiap aspek yang diamati dalam setiap indikator, seperti aspek kemampuan mengingat pada siklus I skor rata-rata 73,5%, pada siklus II skor rata-rata 84,5%, berarti mengalami peningkatan sebesar 11%. Aspek kemampuan menilai pada siklus I skor rata-rata sebesar 70%, pada siklus II sebesar 84%, berarti mengalami peningkatan sebesar 14%. Kemudian untuk aspek menanggapi siswa pada siklus I sebesar 60,5%, pada siklus II menjadi sebesar 73,5%, berarti mengalami kenaikan sebesar 13%. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan media audio dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas VI a SD N 08 Pontianak Barat.
Kata Kunci : Keterampilan menyimak siswa, media audio, pembelajaran bahasa Indonesia.
The purpose of this research is to improve students' listening skills that include the ability to remember, ability to assess and respond to the ability to use audio media on learning Indonesian in a sixth grade elementary school 08 Pontianak Barat.Penelitian uses a qualitative approach to research design class act. The method used is descriptive method, is collaborative. Form study is a classroom action research, the research subjects were students of class VI A Public Elementary School 08 West Pontianak totaling 43 students. Data collection tool using observation and question sheets. The results of the implementation of learning using audio media always increase at each cycle based on performance indicators. This is shown in every aspect of the observed increase in each indicator, such as the ability to remember aspects of the first cycle an average score of 73.5%, in the second cycle an average score of 84.5%, meaning an increase of 11%. Aspects of the judgment in the first cycle an average score of 70%, in the second cycle of 84%, meaning an increase of 14%. Then the students respond to aspects of the cycle of 60.5%, in the second cycle to be at 73.5%, meaning an increase of 13%. This shows that learning to use the audio media to enhance listening skills a student of class VI SD N 08 Pontianak West.
Keywords: students listening skills, audio media, learning Indonesian.
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1149
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats