PENGARUH FASILITAS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMASARAN SISWA SMK NEGERI 1 PONTIANAK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh fasilitas dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pemasaran barang dan jasa pada siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Pontianak. Indikator fasilitas belajar dalam penelitian ini meliputi media pembelajaran, alat-alat pembelajaran dan perlengkapan sekolah, indikator minat belajar yaitu rasa suka/senang dalam aktivitas belajar, rasa ketertarikan untuk belajar, adanya kesadaran untuk belajar tanpa disuruh, berpartisipasi dalam aktivitas belajar, memberikan perhatian yang besar dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk regresi linear berganda. Pengumpulan data menggunakan angket, pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil analisis penelitian yakni: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas terhadap hasil belajar siswa sebesar 35,8% yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel, yaitu 4,016 > 2,007; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat terhadap hasil belajar siswa sebesar 71,2% yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel, yaitu 15,341 > 2,007; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas terhadap minat belajar siswa sebesar 37,2% yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel, yaitu 5,017 > 2,007; (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas dan minat terhadap hasil belajar siswa sebesar 71,2% yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 117,124 > 3,179.
Kata Kunci: fasilitas, minat belajar, hasil belajar
Abstract: This study examines the influence of the facility and interest in learning on learning outcomes of subjects marketing of goods and services in class XI marketing course student of SMK Negeri 1 Pontianak. Indicators of learning facilities in the study include learning media, learning tools and school supplies, indicators of interest to learn that taste like/ pleasure in learning activities, an interest in learning, the awareness to learn without prompting, participate in learning activities, give attention large in the study. This study uses a quantitative approach to the form of multiple linear regression. Collecting data using questionnaires, interview and observation sheet. The results of the analysis are: (1) there is the influence of the facility on student learning outcomes was 35,8% as evidenced by tcount> ttable, is 4.016> 2.007; (2) a significant difference between the interest on student learning outcomes was 71,2% as evidenced by tcount> ttable, is 15.341> 2.007; (3) a significant difference between the facility to the students' interest was 37,2% as evidenced by tcount> ttable, is 5.017> 2.007; (4) a significant difference between the facility and the interest on student learning outcomes was 71,2% as evidenced by the value of Fcount> F table, is 117.124> 3.179.
Keywords: learning motivation, learning resources, learning outcomes
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i9.11420
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats