HUBUNGAN KETERAMPILAN MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL FISIKA TERHADAP MISKONSEPSI SISWA PADA IMPULS MOMENTUM
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan keterampilan matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal fisika terhadap miskonsepsi siswa pada materi impuls momentum. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif korelasi. Sampel penelitian ini adalah 25 siswa. Instrumen penelitian yang dibuat berupa 5 soal esai mencakup tumbukan lenting sempurna dan tumbukan tidak lenting sama sekali. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal fisika dengan besar koefisien korelasi 0,9041 termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa apabila keterampilan matematika tinggi maka kemampuan menyelesaikan soalnya tinggi pula. Beberapa siswa yang memiliki keterampilan matematika tinggi tetapi kemampuan menyelesaikan soalnya rendah. Hal ini disebabkan siswa mengalami miskonsepsi berupa kesalahan fisis dan matematis, dengan besar kesalahan fisis dan matematis masing-masing sebesar 75% dan 65%.
Kata kunci: Keterampilan Matematika, Miskonsepsi, Impuls Momentum
Abstract: The purpose of this research is to determine the relationship between mathematics skill with the ability to solve physics problems to students misconception about impuls and momentum. Method of the research is descriptive correlation. The sample are 25 students. The instrument used 5 essay about elastic collision and inelastic collision. The data showed that mathematics skill and ability to solve physics problem have a significant relationship with a correlation coefficient 0,9041 that included in the high category. It shows someone that have high mathematics skills, the ability to solve problem be high too. There are some students that have high mathematics skill but the ability to solve problem is low. This is because the student have misconception there are physical and mathematical errors with each of these errors by 75% and 65%.
Keywords: Mathematics Skill, Misconception, Impuls Momentum
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i9.11360
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats