PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN TIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang akurat tentang peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model cooperative tipe make a match pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 57 Sungai Raya kabupaten Kubu Raya Kabupeten Kubu Raya Provinisi Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk Penelitian yang digunakan yaitu Penlitian Tindakan Kelas. Setting penelitian di kelas IVC SDN 57 Sungai Raya kabupaten Kubu Raya. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVC yang berjumlah 30 siswa, menggunakan tiga siklus setiap siklus berisi satu kali pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Aktivitas belajar siswa pada baseline sebesar 42,29% mengalami peningkatan sebesar 18,46% menjadi 60,75% pada siklus I dengan kategori cukup baik, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,68% menjadi 69,43% dengan kategori cukup baik dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 12,05% menjadi 81,48% dengan kategori baik. Dengan demikian cooperative learning tipe make a match ternyata dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Kata Kunci : Aktivitas, IPS, Make A Match.
Abstract: This study aimed to obtain accurate information about the increase in student learning activities using cooperative models make a match the type of learning social studies in class IV SDN 57 Sungai Raya Kubu Raya province Kalimantan Barat. The method used is descriptive method. The study forms were used that study to a Classromm Action Research. Setting research at IVC grade SDN 57 Sungai Raya Kubu Raya district. The subjects were students IVC classes totaling 30 students, using three cycles each cycle contains one meeting that consist of planning, implementation, observation and reflection. Student learning activities at baseline by 42.29% increased by 18.46% to 60.75% in the first cycle with good enough category, on the second cycle increased by 8.68% to 69.43% with good enough category and in the third cycle increased by 12.05% to 81.48% with the good category. Thus cooperative learning type make a match it can increase student learning activities.Keywords: Activities, IPS, Make A Match
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i8.11166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats