PENERAPAN KOOPERATIF PICTURE DAN PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SUNGAI RAYA
Abstract
Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Pertumbuhan Hewan Di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 38Sungai Raya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan penerapan kooperatif picture and picture. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah peneltian tindakan kelas. Berdasarkan perhitungan analisis data dimana sebanyak 25 orang siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebelum sebanyak 13 orang atau 52%, sedangkan 12 orang atau 48% tidak memenuhi standar kriteria ketuntasan. Setelah pelakasanaan siklus I, dari 25 orang sisswa yang mencapai >KKM 60 meningkat menjadi 19 orang atau 76 %. Hasil siklus II, 25 orang atau 100% dari seluruh siswa telah memenuhi nilai ketuntasa minimal. Temuan penelitian , diketahui adanya perubahan nilai rata rata hasil belajar siswa, yaitu tes awal dan tes akhir yang diperoleh siswa masing masing 63,20 pada siklus 1 dan 74,46 pada siklus 2, ini menunjukkan bahawa hasil belajar IPA siswa, dengan Penerapan Kooperatif Picture Dan PictureKelas II SDN 38 Sungai Raya lebih meningkat dibandingkan dengan yang tidak menggunakan penerapan metode Kooperatif Picture and Picture.
Kata kunci : Kooperatif, Picture and Picture , Peningkatan, Hasil Belajar
Abstract: Application of Cooperative Learning Model Picture And Picture Study To Improve Learning Outcomes In Subject sof Natural Sciencein Animal Growth Class II Elementary School 38 River Kingdom. This study aims to improve student learning outcomes in the implementation of cooperative learning science with picture and picture. The method used in this research is descriptive method of research is experiment form a class act. Based on calculations of data analysis in which as many as 25 students who achieved mastery criterion minimum value (KKM) before as many as 13 people or 52%, while 12 people or 48% did not meet the standard criteria for completeness. After exercising cycle, from 25 people students who achieved >60 KKM increased to 19 or 76%. The results of the second cycle, 25 people or 100% of all students have met the minimum value. The study's findings, note the change invalue average student learning outcomes, the initial test and final test were obtained by students each one at 63.20 and 74.46 in cycle 1 cycle 2, it shows that the students science learning outcomes, with Application cooperative Picture And Picture Class II SDN 38 Sungai Raya further increased compared with those not using application methods cooperative Picture and Picture.
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i2.1116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats