ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATERI PERSAMAAN AKUNTANSI DI SMAN 1 AMBAWANG

Eka Sopianida, Endang Purwaningsih, Rum Rosyid

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa pada materi persamaan dasar akuntansi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ambawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi langsung, studi dokumenter, dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI IPS 3. Hasil analisis menggunakan rumus yang dirancang oleh pebeliti sendiri untuk mengetahui hasil dari penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada analisis kemandirian belajar pada proses pembelajaran yang pertama sebesar 79,33, kemandirian pada post test 79,33 dan hasil penelitian yang kedua pada proses pembelajaran sebesar 88,3, kemandirian pada post test 88,3 sedangkan hasil belajar pada post test pertama menujukan sebesar 79,94 dan hasil belajar post test yang kedua 98,88 dan ini berarti kemandirian belajar ditinjau dari hasil belajar siswa dalam materi persamaan akuntansi adalah 36 orang siswa sudah mandiri dan 36 orang siswa tuntas semua.

 

Kata kunci: Kemandirian Belajar , Hasil Belajar

Abstract: The study aims to review the knowing independence students learn the material accounting equation at Class XI IPS 3 SMAN 1 Ambawang. The researsch method used is descriptive method with is survey research design. Data collection techniques used  , the direct observation namely, documentary studies and measurements. Population hearts research is 36 student Class XI IPS 3. The result of the analysis using formula deigned to review alone posted researchers know the findings from the study. Research result indicate that on the analisis independence learning procees the frist of 79,33 independence post test commercial article research second on learning process at 88,3 after the independence on est shows for commercial article 79,94 learn post test second 98,88 and independence from the findings in terms of learning students learn material accounting equation 1s 36 people students already independent and 36 students complete all.

 

Keywords : Independent Learning, Learning Outcomes


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i8.11134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats