PENINGKATAN KEMAMPUAN PERILAKU PROSOSIAL MELALUI MEDIA FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perencanaan pembelajaran prilaku prososial pada anak usia 5-6 menggunakan media film animasi Upin dan Ipin di RA. Dharma Wanita Balai Karangan Kabupaten Sanggau, 2) pelaksanaan pembelajaran perilaku prososial pada anak usia 5-6 menggunakan media film Upin dan Ipin di RA. Dharma Wanita Balai Karangan Kabupaten Sanggau? Dan 3) penggunaan media film animasi Upin dan Ipin dapat meningkatkan kemampuan perilaku prososial pada anak usia 5-6 tahun RA. Dharma Wanita Kabupaten Sanggau?. Peneliti menggunakan metode deskriptif. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Analisis data yang digunakan berupa observasi, IPKG I, IPKG 2 dan wawancara. Langkah-langkah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Pengamatan atau Observasi dan 4). Refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi/pengamatan dan wawancara/percakapan, sesuai dengan teknik pengumpul data yang digunakakan, maka alat pengumpulnya adalah format observasi dan panduan wawancara. Hasil peneltian menunjukkan: Terdapat peningkatan kemampuan perilaku prososial melalui media film animasi Upin dan Ipin pada anak usia 5-6 tahun di RA. Dharma Wanita Balai Karangan Kabupaten Sanggau sebesar 26,25%. Hal diperoleh dari kemampuan anak Berkembang Sangat Baik (BSB) pada siklus I di peroleh rata-rata 22,5%, dan pada silkus II diperoleh rata-rata sebesar 48,75%. Hasil akhir rata-rata siklus II dikurangi hasil akhir rata-rata siklus I.
Kata Kunci: Perilaku Prososial, Media Film Animasi, Upin dan Ipin.
Abstract: The aim of this study was to determine: 1) the learning plan prosocial behavior in children aged 5-6 using the medium of film animation Upin and Ipin in RA. Dharma Wanita Hall Authorship the district, 2) the implementation of learning prosocial behavior in children aged 5-6 using the medium of film Upin and Ipin in RA. Dharma Wanita Hall Authorship Sanggau? And 3) the use of the medium of film animation Upin and Ipin can improve prosocial behavior in children aged 5-6 years of RA. Dharma Wanita Sanggau ?. Researchers used descriptive method. The form of this research is a class act. Analysis of the data used in the form of observation, IPKG I, IPKG 2 and interviews. The steps of this study are as follows: 1). Planning, 2). Implementation, 3). Observations or observation and 4). Reflection. The data analysis technique used is the observation / observation and interview / conversation, according to the techniques of data collection be adopted, then the tool is a format pengumpulnya observation and interview guides. Research findings show: There is an increased ability prosocial behavior through the media animated film Upin and Ipin in children aged 5-6 years in RA. Dharma Wanita Hall Authorship Sanggau 26.25%. It was obtained from the child's ability Evolving Very Good (BSB) in the first cycle at an average gain of 22.5%, and the silkus II gained an average of 48.75%. The final result the average cycle II reduced the final result on average cycle I.
Keywords: Prosocial Behavior, Media Animation, Upin and Ipin.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i7.10820
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats