PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 17 Benua Kayong. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes evaluasi belajar siswa dengan materi sifat – sifat cahaya yang dilakukan setiap akhir siklus. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode demonstrasi pada siklus I hasil belajar dari 16 siswa, yang memeperoleh nilai yang memenuhi KKM sebanyak 10 siswa dengan persentase 63 % dan pada siklus II yang dapat memenuhi KKM meningkat sebanyak 15 siswa atau 94 %. Sedangkan pada penilaian kinerja guru siklus I IPKG 1 sebesar 2,7 dan IPKG 2 sebesar 2,85 kemudian pada siklus II IPKG 1 sebesar 3,54 dan IPKG 2 sebesar 3,7. Dari hasil siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SDN 17 Benua Kayong.
Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Pembelajaran IPA.
Abstract: This research aims to enhance student learning the results by using the method demontrasi on the subjects of IPA class V Elementary Scool 17 Benua Kayong . To obtain data in this research is the evaluation of student learning test with matter the nature nature of the light that carried out each end the cycle . After conducting research by using a demonstration in the cycle I of learning outcomes of 16 students , who can value KKM meet as many as 10 students with the percentage of 63% and in the cycle of II can meet kkm increased by 15 students or 94%. While in the assessment of the performance of teachers cycle I IPKG 1 totaling 2.7 and IPKG 2 totaling 2,85 then in the cycle of II IPKG of I totaling 3,54 and IPKG of 2 totaling 3.7. From the results of the cycle I and II cycle can be concluded that the use of methods demonstration can improve learning outcomes of students in learning IPA class V SDN 17 Benua Kayong.
The keywords: the demonstration method, The Natural Sciences Learning.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i7.10740
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats