PENGGUNAAN METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR

. Nurjanah, Siti Halidjah, K.Y.Margiati .

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan metode STAD dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan sifat penelitian ini adalah kualitatif. Teknik  pengumpul data ialah menggunakan teknik observasi langsung, alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi.Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan guru merancang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan metode STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada penelitian siklus 1 sebesar 2,80 kemudian naik 3,17 pada siklus 2. Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan metode STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus 1 rata-rata 2,82 kemudian naik 3,82 pada siklus 2. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode STAD pada siklus 1 sebesar 68,12% dan 81,56% pada siklus 2.Dengan metode STAD menunjukkan kegiatan pembelajaran pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 23 Manis Mata lebih menarik, membangkitkan minat siswa, menyenangkan bagi siswa.

 

Kata Kunci : Ilmu Pengetahuan Sosial,Metode STAD

Abstract: The purpose of this study is to describe the use of the learning method STAD in Social Sciences to improve learning outcomes of fourth grade students. The method used in this research is descriptive method. While the nature of this research is qualitative. Data collection technique is using the technique of direct observation, data collection tool uses observation sheets. These results indicate the ability of teachers to design learning of Social Sciences using STAD method for improving student learning outcomes in the study cycle 1 at 2.80 then rose 3,17 in cycle 2. The ability of teachers to implement the learning of Social Sciences using STAD method to improve learning outcomes Cycle 1 students in an average of 2.82 then rose 3.82 at cycle 2. Student learning outcomes in social studies learning by using STAD in cycle 1 at 68.12% and 81.56% in cycle 2. The method STAD shows learning activities in the fourth grade students of State Elementary School 23 Manis Mata more exciting, arousing interest in students, fun for students.

 Keywords: Social Sciences, STAD Method 

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i7.10705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats