PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika menggunakan media konkrit. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas dengan berkolaborasi dengan teman sejawat. Adapun subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas III yang berjumlah 20 orang. Hasil peneltian yang dilakukan adalah : 1) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 hanya 65% dengan rata-rata nilai 76,50 dan pada siklus 2 menjadi 100% dengan rata–rata 85,50. Perencanaan pembelajaran pada siklus 1 persentase ketercapainnya sebesar 75,00 % pada siklus 2 menjadi 98,75%. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus 1 sebesar .75,50 pada siklus 2 menjadi 97,50 % rata–rata 3,90. Berdasarkan hasil temuan selama berlangsungnya penelitian kelas menggunakan media kongkret dalam pembelajaran matematika pada materi menghitung keliling persegi dan persegi panjang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil, Matematika, Media Konkret
Abstract: The purpose of this study was to describe the results of the third grade students in mathematics using concrete media. The method used in this research is descriptive method with a form of action research in collaboration with colleagues. The research subjects that all students in the class III of 20 people. The results of research that's done is: 1) the results of student learning has increased from cycle 1 only 65% with an average value of 76.50 and on cycle 2 to 100% with an average of 85.50. Planning learning in cycle 1 percentage of 75.00% in cycle 2 to 98.75%. Ability teachers in implementing the learning at one of .75,50 cycle at cycle 2 to 97.50% on average of 3.90. Based on the findings during class research using concrete media in mathematics at the material calculate square and rectangular circumference can improve student learning outcomes.
Keywords: Results, Mathematics, Media ConcreteFull Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i7.10703
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats