PENGARUH LAYANAN KONSULTASI PRA-LAB TERHADAP KETERAMPILAN PSIKOMOTOR MAHASISWA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan antara keterampilan psikomotor mahasiswa yang mengikuti layanan konsultasi pra-lab dengan mahasiswa yang praktikum tanpa layanan konsultasi pra-lab. Bentuk penelitian ini adalah true experiment design dengan rancangan Postest-Only Control Design. Teknik pemilihan dengan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara sebagai instrumennya dan menggunakan validitas isi sebagai validasinya dengan hasil baik dan layak digunakan. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji t (α=5%) diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,0000, ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan psikomotor mahasiswa. Pada kelas eksperimen, mahasiswa yang memiliki keterampilan psikomotor sangat baik (61,1%) dan kategori baik (38,9 %) sedangkan di kelas kontrol kategori baik (20,5%), cukup baik (64,1%), dan kategori kurang baik (15,4%). Layanan konsultasi Pra-lab memberikan pengaruh sebesar 48,93 % terhadap keterampilan psikomotor pada mahasiswa.
Kata kunci : konsultasi pra-lab, keterampilan psikomotor
Abstract: This research aims to know the difference between psychomotor skills of students who joined pre-consulting services lab and the students without pre-consulting services lab. The type of this research is the true experiment design with Postest Only Control Design. The selection technique used simple random sampling.This research used observation sheets and guidance interviews as the instrument and used content’s validity for the validation which the result are good and can be applied. Based on the data analysis by using the t-test (α = 5%) obtained the value of Asymp. Sig (2-tailed) of 0,0000. This showed that there were differences on students’ psychomotor skills. In experiment class, the students who has psychomotor skills that very good (61,1%) and good (38,9%) while in control class has results, good (20.5%), fair (64,1%), and less (15.4%). Pre-consulting services lab influenced 48,93% through student’s psychomotor skills.
Key words: pre-consulting services lab, psychomotor skills
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i7.10682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats