PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN DAN PENGEMBANGANNYA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK
Abstract
Abstrak: Perilaku Peduli Lingkungan dan Pengembangannya pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kelas B3 TK Kristen Immanuel II Sungai Raya bertujuan untuk mendeskripsikan peduli lingkungan dan pengembangannya pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitan yang diggunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitan deskriptif. Penelitian ini menghasilkan karakteristik perilaku peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun antara lain membuang sampah pada tempat sampah, dapat menggunakan sapu lantai, hemat penggunaan air, menggunakan bahan bekas untuk alat main, membereskan alat yang telah dimainkan. Materi yang digunakan guru dalam mengembangkan perilaku peduli lingkungan adalah rencana kegiatan yang dibuat dengan perpedoman pada Permen No. 58 Tahun 2009 Tentang PAUD dan terintergrasi dengan pengembangan nilai karakter. Metode yang digunakan guru dalam mengembangkan perilaku peduli lingkungan adalah metode pembiasaan .Media yang digunakan oleh guru mengembangkan perilaku peduli lingkungan adalah segala media yang dapat ditemui di kelas.Evaluasi dilakukan setelah melaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan perilaku peduli lingkungan.
Kata kunci : Perilaku Peduli Lingkungan, Pengembangan Perilaku
Abstract: Behavioral Care Environment and Development in Children Aged 5-6 Years in Class B3 Immanuel Christian Kindergarten II Sungai Raya aims to describe the environmental care and development in children aged 5-6 years. Research methods which band is used in this research is descriptive research method. This research produces behavior characteristic of environmental care in children aged 5-6 years, among others, throwing garbage in the trash, can use a broom floor, sparing use of water, using scrap materials for instrument playing, clean up tool that has been played. The material used by teachers in developing environmentally conscious behavior is an action plan that is made with perpedoman on Regulation No. 58 Year 2009 on early childhood education and integrated with the development of character values. The method used by teachers in developing environmentally conscious behavior is habituation .Media methods used by teachers to develop environmentally conscious behavior is any medium that can be found in kelas.Evaluasi done after carrying out learning in developing environmentally conscious behavior.
Keywords: Behavior Environmental Care, Behavioral Development
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i6.10493
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats