PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA MENGGUNAKAN PERMAINAN BAHASA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran menggunakan permainan bahasa dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa dan hasil kemampuan menulis siswa menggunakan permainan bahasa dalam hal menggunakan ejaan dan tanda baca secara benar dalam menulis cerita di Sekolah Dasar Negeri 06 Pulau Lemukutan Kabupaten Bengkayang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan berkolaborasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah peneliti sebagai pengamat kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Pulau Lemukutan yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar soal tes formatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan hasil akhir penelitian yang diperoleh yaitu pada siklus I indikator isi yang relevan 42%, organisasi yang sistematis 0%, dan penggunaan bahasa yang baik dan benar 0%. Pada siklus II indikator isi yang relevan 53%, organisasi yang sistematis 39%, dan penggunaan bahasa yang baik dan benar 32%. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan terjadi peningkatan kemampuan menulis siswa.
Kata kunci: Permainan Bahasa, Kemampuan Menulis Cerita
Abstract: This research aimed to describe the implementation steps of learning using language games in improving students 'ability to write stories and results of students writing skills using language games in terms of spelling and punctuation are correct in writing stories at Elementary School 06 Bengkayang Lemukutan Island. The method used in this research is descriptive method. Form of research is a Class Action Research (Classroom Action Research) to collaborate. This type of research is qualitative research. Subjects in the study were researchers as observers Public Elementary School fourth grade 06 Lemukutan Island totaling 28 students. Data collection techniques used in this study using the technique of direct observation and measurement techniques. Data collection tool used is the observation sheet and booklet formative tests. This research was conducted in two cycles with the results obtained by the end of the study in the first cycle indicators relevant content 42%, systematic organization of 0%, and the use of language is good and true 0%. In the second cycle indicators relevant content 53%, 39% systematic organization, and the use of language that is good and true 32%. From the data obtained it can be concluded that an increase in students' writing ability.
Keywords: Language game,Ability to write stories
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i5.10027
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats