PENGGUNAAN METODE DRAMATISASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK INTERNALISASI NILAI KEPAHLAWANAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode dramatisasi dalam pembelajaran sejarah untuk menginternalisasikan nilai-nilai kepahlawanan melalui media audio visual di SMA Negeri 1 Mempawah Hilir. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian pengembangan, pendekatan kualitatif naturalistik, dan analisis data kualitatif. Simpulan penelitian ini berupa temuan bahwa metode dramatisasi melalui media audio visual adalah metode yang baik dalam pembelajaran sejarah untuk menginternalisasikan nilai-nilai kepahlawanan kepada para pebelajar. Secara khusus terdapat (1) kiat-kiat metode dramatisasi berupa siasat, desain dan validasi produk, (2) Adegan-adegan film (media audio visual) dipilih yang dapat membangun nilai kepahlawanan (3) Skenario pembelajarannya terdiri dari matrik komponen-komponen Pembelajaran, tabel konten, preskripsi tugas belajar, story board, dan flow chart sikap kepahlawanan. (4) Ungkapan perasaan pebelajar berupa terharu, iba, sedih, simpati, menyayat hati, tegar, sehingga menggugah perasaan dan berkarya nyata terungkap karena metode ini. Peneliti menyarankan agar sekolah menengah atas menggunakan metode atau media khusus seperti metode dramatisasi dengan media audio visual ini.
Kata kunci : dramatisasi, internalisasi, kepahlawanan, audio-visual.
Abstract: This study aimed to describe the use of dramatization method of teaching history to internalize the values of heroism through audio-visual media in Senior High School 1 mempawah Hilir. The method in this research is descriptive research type development, naturalistic qualitative approach and analysis of qualitative data. The conclusions of this research is the finding that the method of dramatization through audio-visual media is a good method of teaching history to internalize the values of heroism to the learners. In particular there is (1) tips dramatization methods such tactics, design and validation of the product, (2) scenes of the film (audio-visual media) is selected to build the value of heroism (3) learning scenario consists of matrix components Learning, tables of content, prescription task of learning, story board, and a flow chart heroism. (4) The expression feeling learners be moved, compassion, sadness, sympathy, heartbreaking, brave, so evocative of the feelings and the real work is revealed because this method. Researchers suggest that high school using such methods or special media dramatization method with audio-visual media.
Keywords : dramatization, internalization, heroic, audio-visual
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i5.10023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats