KEPRAKTISAN MEDIA PEMBELAJARAN BELAJAR PUISI RAKYAT (BERSIRAT) BERBANTUAN MOBILE WORDWALL APPS UNTUK SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
The purpose of this research is to develop learning media in the form of learning folk poetry (implied) with the help of wordwall and test the practicality of the media. This research is a research & development (R&D) research. The model used is the 4-d model (four-d-model). The media practicality test subjects consisted of five small group students and 42 large group students. The types of data used include qualitative data (observations, interviews, feedback, and responses) and quantitative data (media practicability scores). The research instrument used, namely the media practicality questionnaire sheet. Based on the media practicality test, the small group scored 92.4% with very practical criteria, and the large group scored 87.2% with very practical criteria. Thus, the media for learning folk poetry (implied) is declared very practical and feasible to be applied to Indonesian language learning in class VII SMP.
Keywords: Learning Media, Students, Folk Poetry
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran berupa belajar puisi rakyat (bersirat) berbantuan wordwall dan menguji kepraktisan media. Penelitian ini merupakan penelitian research & development (R&D). Model yang digunanakan adalah model 4-d (four-d-model). Subjek uji kepraktisan media terdiri dari lima siswa kelompok kecil dan 42 siswa kelompok besar. Jenis data yang digunakan meliputii data kualitatif (observasi, wawancara, masukan, dan tanggapan) dan data kuantitatif (skor kepraktisan media). Instrumen penelitiana yang digunakan, yaitu lembar angket kepraktisan media. Berdasarkan ujii kepraktisan media, untuk kelompok kecil memperoleh skor 92,4% dengan kriteria sangat praktis, dan untuk kelompok besar memperoleh skor 87,2% dengan kriteria sangat praktis. Dengan begitu, media belajar puisi rakyat (bersirat) dinyatakan sangat praktis dan layak diterapkan ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Siswa, Puisi Rakyat
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, T. P. K., Andheska, H., & Kurmalasari, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komtar (Komik Pintar) Berbasis Blog untuk Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Batam. Universitas Maritim Raja Ali Haji. http://repositori.umrah.ac.id/4561/9/TASYA PUTRI KAMILA A_190388201092_PBSI - Cover.pdf
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Azizah, N., Zahro, Q., & Pembelajaran, M. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall. A b d i m a J u r n a l P e n g a b d i a n M a h a s i s w a, 2(1), 2878–2886.
Batubara, H. H. (2021). Hamdan Husein Batubara (N. A. N (ed.)). PT. Remaja Rosdakarya.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. CV. Pustaka Setia.
Hamiyah, N., & Jauhar, M. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas.
Harsiati, T., Agus, T., & Kosasih, E. (2016). B Indonesia SMP Kelas 7 BG press.
Hermanto, R., & Harimurti, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis Media Pembelajaran Google For Education Untuk Meningkatkan Surabaya Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Kejuruan Multimedia Smk Negeri 3 Surabaya. It-Edu, 2(01), 23–27.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Kencana.
Miftah, M., & Nur Rokhman. (2022). Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(9), 641–649. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i9.92
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Rahma, A. R., Maria, S., Supriatna, S., & Wahyuningtyas, T. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Pada Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 6 Nagrikaler. Jurnal Sinektik, 6(1), 10–17. https://doi.org/10.33061/js.v6i1.8205
Subarna, R., Dewayani, S., & Setyowati, C. E. (2021). Bahasa Indonesia. Kemendikbudristek.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Syaharani, A. N., Andheska, H., & Loren, F. T. A. (2023). Validitas Dan Kepraktisan Modul Teks Tanggapan Menggunakan Teknik 5W + 1H Kelas Ix Sekolah Menengah Pertama. Edukasi Khatulistiwa, 6(2), 33–43. https://doi.org/10.26418/ekha.v6i2.68215
DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v7i2.82475
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
e-ISSN : 2621-3788 (Online)
p-ISSN : 2656-1956 (Print)
Mailing Address
FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id
Indexed by
Email: hemry@untan.ac.id
View My Stats