IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK NON-KOGNITIF GAYA BELAJAR DENGAN MEDIA GOOGLE FORM DI SMK KOTA SEMARANG
Abstract
This research aims to describe the results of the non-cognitive diagnostic assessment of learning styles of Class X PM 1 students at SMK Kota Semarang, namely SMK Negeri 2 Semarang, using words and charts. This research method is descriptive qualitative and quantitative, known as mixed methods. Data sources for this research include primary data collected directly individually from student responses via Google Form as well as secondary data from libraries or archives related to student learning styles from tutor teachers. The data collection technique uses a written exam, namely ten multiple choice questions presented online using Google Form media. The results of the study describe the learning styles of class X PM 1 at SMKN 2 Semarang varying with a ratio of 27,3% to visual learning styles, 31.8% to auditory learning styles and 68,2% to kinesthetic learning styles. The most dominant variation in learning styles of students in schools is the dominant kinesthetic learning style.
Keywords: assesment diagnostic, learning style, non-cognitive.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil asesmen diagnostik non-kognitif gaya belajar peserta didik Kelas X PM 1 di SMK Kota Semarang, yakni SMK Negeri 2 Semarang dengan kata-kata dan bagan. Metode penilitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dikenal sebagai metode campuran. Sumber data penelitian ini meliputi data primer yang dikumpulkan langsung secara individu dari tanggapan peserta didik melalui google form serta data sekunder dari perpustakaan atau arsip terkait gaya belajar peserta didik dari pendidik pamong. Data dikumpulkan dengan ujian tertulis, yakni sepuluh soal pilihan ganda yang disajikan secara online menggunakan media google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas X PM 1 SMK Negeri 2 Semarang memiliki gaya belajar yang beragam, dengan pembagian persentase sebesar 27,3% untuk gaya belajar visual 31,8% untuk gaya belajar audiovisual, dan 68,2% untuk gaya belajar kinestetik. Variasi gaya belajar peserta didik di sekolah yang paling dominan adalah gaya belajar kinestetik yang dominan.
Kata Kunci: asesmen diagnostik, gaya belajar, non-kognitif
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditomo, Anindito, D. (2022). Pembelajaran dan Asesmen.
Aini, N., & Alwi, I. M. (2024). E-ISSN : 2986-3945 Implementasi Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X MAN 1 Cilacap Tahun Pelajaran 2023 / 2024.
Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari. Pendidikan Dasar Islam, 8(2).
Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Ermiyanto, E, Asroa, I., dan Ilyas, A. (2023). Asesmen Diagnostik Gaya Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 4 Padang Pajang. Manazhim, 5, 166–177.
Fahmi, Muhammad Ilham, D. (2023). Implementasi Asesmen Diagnostik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ogan Komering Ulu. Fikrotuna, 12(2477–5622), 2441–2401.
Firmanzah, D., & Sudibyo, E. (2021). Implementasi Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp/Mts Wilayah Menganti, Gresik. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 165–170. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Hati, S. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Melakukan Asesmen Diagnostik Non Kognitif Kelas 12 IPS Lintas Minat di SMA YPHB Kota Bogor. Ardenjaya, 1(2807–9558), 70–76.
Ilyas, E. dan A. (2023). Pelaksanaan Asesmen Diagnostik Non Kognitif dalam Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Sawahlunto. Pustaka Cendekia Pendidikan, 01(01), 44–49.
Khoirurrijal, Fadriati, D. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Literasi Nusantara Abadi.
Nugroho, Dennis, D. (2023). A Sistematic Literature Review : Implementasi Asesmen Diagnostik pada Kurikulum Merdeka. Annaba, 9(2).
Sany, N. R. (2021). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas IV MI. Al-Hidayah.
Sesana, I. P. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Form dalam Pelaksanaan PAT Berbasis Online di SMKN 1 Tembuku. Balai Diklat Keagamaan Denpasar, 3, 1–11.
Siswanto, R. (2022). Pemanfaatan Teknologi Digital Google Form sebagai Daftar Hadir dan Sekaligus Mencetak Sertifikat pada Kegiatan Webinar Direktorat PPG. Kemendikbud. https://ppg.kemdikbud.go.id/news/pemanfaatan-teknologi-digital-google-form-sebagai-daftar-hadir-dan-sekaligus-mencetak-sertifikat-pad
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (S. Y. Suryandari (ed.)). Alfabeta, CV.
Wulandari, Gusti Ayu Putu Trisna, D. (2023). Efektivitas Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Rumah Indonesia, 3(3), 433–448.
Yani, Dwi, D. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Diferensiasi di Sekolah Dasar. Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 1, 241–250.
DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v7i1.78559
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
e-ISSN : 2621-3788 (Online)
p-ISSN : 2656-1956 (Print)
Mailing Address
FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id
Indexed by
Email: hemry@untan.ac.id
View My Stats