IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BLOG DAN CANVA PADA MATERI KAIDAH KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI DI SMK SEMARANG

Sri Wulandari, Ahmad Rifai, Sri Wahyuni

Abstract


The study aims to describe the implementation of blog and Canva learning media on linguistic rules of biographical texts at SMK Semarang. The type of research used is a qualitative descriptive approach. The data from this research are the results of an analysis of the linguistic rules of the biographical text "Maudy Ayunda" carried out by class X students at Semarang Vocational School. Data collection for this research was carried out by conducting written tests, observations and documenting learning outcomes. Written test to analyze LKPD results of students' work in analyzing linguistic rules of the Biography text "Maudy Ayunda". Data analysis is carried out by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of data analysis are presented informally using qualitative data in the form of simple words and sentences. The results show that (1) implementation of blog and Canva learning media on linguistic rules of biographical texts; (2) students' analysis skills in accordance with the linguistic rules of biographical texts; (3) the results of implementing blog and Canva learning media in analyzing the linguistic rules of the biographical text "Maudy Ayunda".

Keywords: blog and canva, implementation, linguistic rules, learning media, biographical text

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran blog dan canva pada materi kaidah kebahasaan teks biografi di SMK Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini adalah hasil analisis kaidah kebahasaan teks biografi “Maudy Ayunda” yang dikerjakan peserta didik kelas X di SMK Semarang. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan tes tertulis, observasi, dan dokumentasi hasil pembelajaran. Tes tertulis untuk menganalisis LKPD hasil pekerjaan peserta didik dalam menganalisis kaidah kebahasaan teks Biografi “Maudy Ayunda”. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan akan dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data disajikan secara informal dengan menggunakan data kualitatif yang berupa kata-kata dan kalimat sederhana. Hasil penelitian ini yaitu (1) implementasi media pembelajaran blog dan canva pada materi kaidah kebahasaan teks biografi; (2) keterampilan peserta didik menganalisis sesuai dengan kaidah kebahasaan teks biografi; (3) hasil implementasi media pembelajaran blog dan canva dalam menganalisis kaidah kebahasaan teks biografi “Maudy Ayunda”.

 

Kata Kunci: blog dan canva, implementasi, kaidah kebahasaan, media pembelajaran, teks biografi


Keywords


blog dan canva, implementasi, kaidah kebahasaan, media pembelajaran, teks biografi

Full Text:

PDF

References


Artawan, Gede dan Dewa Gede Yudi Setiawan. 2017. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teks Biografi. Journal of Education Research and Evaluation, Vol. 1, No. 4, 217—235.

Fauziah, Zumrotul, Ahmad Shofiyuddin, Hidayatur Rofiana. 2022. Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Madinah: Jurnal Studi Islam, Vol. 09, No. 1, 7—19.

Hadana, Hana Silma dkk. 2023. Implementasi Media Canva pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Negosiasi Kelas X SMA Negeri 11 Semarang. JUPENDIS: JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, Vol. 1, No. 1, 126—142.

Karo-Karo, I. R. & Rohani. 2018. Manfaat Media Blog dalam Pembelajaran. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, Vol 7, No. 1, 91—96.

Latifah, N. & Vebrianto R. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Blog untuk Mata Pelajaran Sains. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI). Hal. 690—695.

Murti, Sri, Agita Misriani. 2020. Implementasi Media Blog dalam Meningkatkan Motivasi Menulis Kreatif Berbasis Apresiatif-Komunikatif. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran, Vol. 4, No. 1, 81—91.

Maun, Muhammad. 2005. Penggunaan Media Pembelajaran pada Pengajaran Bahasa Asing di SMA. Ekspresi Media Komunikasi dan Informasi, Vol. 3, No. 6, 21—32.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sholeh, M., Rachmawati, Rr. Y., & Susanti, E. 2020. Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar pada Media Sosial sebagai Produk UKM. Selaparang: Jurnal Pengabdian Mayarakat Berkemajuan, Vol. 4, No. 1, 430—436.

Wahyudi. N. (2014). Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Study Islam Panca Wahana, Vol. 12, No. 10, 84—94.




DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v7i1.78409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN : 2621-3788 (Online)

p-ISSN : 2656-1956 (Print)

Mailing Address

FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id

Indexed by

ROAD: the Directory of Open Access scholarly ResourcesBielefeld Academic Search Engine (BASE)Dimensions

 

 

Email: hemry@untan.ac.id

     

  Creative Commons License

View My Stats