PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK VIDEO GERAK HENTI CERITA RAWA PENING UNTUK PEMBELAJARAN TEKS HIKAYAT
Abstract
This article contains the process and results of applying the Rawa Pening Story Stop Motion Video Project-Based Learning Model for learning saga texts using qualitative methods. The research participants were class X AKL students at SMK N 2 Semarang. Data was collected through observation, interviews, and stop motion video assessment. The assessment results show that 85% of students got a score of 80 or more according to the research success indicators. Learning activities begin with an initial assessment followed by steps in accordance with the syntax of the project-based learning model. Participants are trained to create, schedule, develop, present, monitor, assess results, pivot, and reflect on project designs. The interview results show that the application of this model to learning saga texts provides a positive experience for students. The results of observation activities show that there have been significant changes in students' interest, involvement and understanding. So, it can be concluded that the application of this model is effective in providing students' understanding and interest in learning about saga texts.
Keywords: project-based learning model, stop motion video, swamp pening, saga text
Abstrak
Artikel ini berisi proses dan hasil dari penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Video Gerak Henti Cerita Rawa Pening untuk pembelajaran teks hikayat dengan metode kualitatif. Peserta penelitian adalah peserta didik kelas X AKL SMK N 2 Semarang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan penilaian video gerak henti. Hasil penilaian menunjukkan bahwa 85% peserta didik mendapatkan nilai 80 atau lebih sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian. Kegiatan pembelajaran dimulai asesmen awal diikuti dengan langkah-langkah sesuai dengan sintak model pembelajaran berbasis proyek. Peserta didik membuat, menyusun penjadwalan, mengembangkan, menyajikan, memonitor, menilai hasil, mengevaluasi, dan merefleksi desain proyek. Hasil wawancara menunjukkan bahwa penerapan model tersebut pada pembelajaran teks hikayat memberikan pengalaman yang positif bagi peserta didik. Hasil kegiatan observasi menunjukkan bahwa terjadi perubahan yang signifikan dalam minat, keterlibatan, dan pemahaman peserta didik. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan model ini efektif untuk memberikan pemahaman dan minat belajar peserta didik terhadap teks hikayat.
Kata Kunci: model pembelajaran berbasis proyek, video gerak henti, rawa pening, teks hikayat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Tinenti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan penerapannya dalam proses pembelajaran di kelas. Deepublish.
Syamsu, A., Ganefri, G., Refdinal, R., & Aswardi, A. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran project based learning pada mata pelajaran produktif kreatif dan kewirausahaan di sekolah menengah kejuruan.
Damayanti, N. K. A., Martha, I. N., Gunatama, G., & Hum, M. (2014). Pembelajaran menulis teks anekdot berpendekatan saintifik dengan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada siswa kelas X Tata Kecantikan Kulit 1 di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1).
Kartika. A, Heru. U. (2022). Pembuatan Video Stop Motion Menggunakan Aplikasi Canva sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada Rumah Makan Kindai di Landungsari Dau Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol. 8, No. 1. https://jurnal.polinema.ac.id/
Phelia, A., Pramita, G., Susanto, T., Widodo, A., & Putra, R. A. M. (2021). Peningkatan Pengetahuan Animasi Video Dan Robotik Dalam Penerapan Project Base Learning Di Sma It Baitul Jannah. Jurnal Cemerlang: Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 98-108
Sanjaya, R. D. (2019). Animasi Motion Graphic sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (Doctoral dissertation, Program Studi Multimedia D3 Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Widyatama).
Pasaribu, L. (2022). Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Gambar Bentuk Tiga Dimensi Melalui Penerapan Model Project Based Learning Dengan Menggunakan Media Power Point. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 274-282.
Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press.
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.
Utomo, W. T., & Prasetyo, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Ilmiah Melalui Metode Project Based Learning Di Perguruan Tinggi. Jurnal Edukasi Khatulistiwa Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol, 3(1).
Utami, M. R., & Pristiwati, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato Persuasif Menggunakan Model Investigasi Kelompok Berbantuan Media Audio untuk Siswa SMP. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1), 24-34.
DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v7i1.78384
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
e-ISSN : 2621-3788 (Online)
p-ISSN : 2656-1956 (Print)
Mailing Address
FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id
Indexed by
Email: hemry@untan.ac.id
View My Stats