VALIDITAS DAN KEPRAKTISAN MODUL TEKS TANGGAPAN MENGGUNAKAN TEKNIK 5W+1H KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Aulia Nur Syaharani, Harry Andheska, Fabio Testy Ariance Loren

Abstract


Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menjabarkan hasil validasi dan kepraktisan modul teks tanggapan menggunakan teknik 5W+1H kelas IX di salah satu sekolah penengah pertama di Kota sTanjungpinang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pada penelitian ini yaitu, validasi modul oleh ahli materi memperoleh hasil 100%. Validasi modul oleh ahli modul memperoleh hasil 91%. Validasi modul oleh ahli bahasa memperoleh hasil 100%. Selain itu, kepraktisan modul pada kelompok kecil memperoleh hasil 94,3%. Kepraktisan modul pada kelompok besar memperoleh hasil 86,2%. Berdasarkan hasil validasi dan kepraktisan modul yang telah dikembangkan, artinya modul teks tanggapan menggunakan teknik 5W+1H kelas IX SMP sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


validitas, kepraktisan, modul, teks, tanggapan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Awalludin. (2017). Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Harsiati, Titik. Dkk. (2017). Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah: Lakeisha.

Nasruddin, dkk. (2022). Pengembangan Bahan Ajar. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi Redaksi.

Qorib, Ahmad. dkk. (2019). Pengantar Jurnalistik. Jawa Barat: Guepedia.

Rayanto, Yudi Hari. & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Akademik & Research Institute 2020.

Saputro, Budiyono. (2016). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Istiadi.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Hari. & Hendriyani, Iin. (2018). Materi Utama Bahasa Indonesia SMP Buku Pendamping Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Plus Pendalaman dan Latihan Soal. Depok: Puri Cipta Media.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Lampung: Anugrah Utama Raharja.




DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v6i2.68215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN : 2621-3788 (Online)

p-ISSN : 2656-1956 (Print)

Mailing Address

FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id

Indexed by

ROAD: the Directory of Open Access scholarly ResourcesBielefeld Academic Search Engine (BASE)Dimensions

 

 

Email: hemry@untan.ac.id

     

  Creative Commons License

View My Stats