PENGEMBANGAN “CERPEN SAKU” SEBAGAI WAHANA BELAJAR BERBASIS WEB PADA MATERI TEKS SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
The importance of the Indonesian language is the basis for the enactment of the policy that Indonesian must be applied and learned as a subject at all levels of education. Text-based Indonesian learning is a form of learning that is proclaimed in the Education curriculum in Indonesia. The era of development 4.0 provided many developments in the fields of technology and information, which also spread to the field of education. In the application of technology and information in the field of education, it is appropriate for education in Indonesia to use technology as a supporting element of the learning process. In fact, the implementation of learning in schools is still experiencing problems regarding the media used. The lack of learning media innovation in existing learning is the basis for the need to develop web-based visual media as a supporting facility. The research methodology is based on a five-step research and development approach that includes identifying opportunities and problems, data collection, product design, design validation, and design review. This study only uses stages one to three. The resulting product design is in the form of a learning website called "Pocket Short Stories," which contains material on short stories, student short story works, as well as dictionary references. The development of Pocket Short Stories aims to create fun and flexible text-based learning in Indonesian. Short stories have three features: 1) Get to know Short Stories; 2) My short story; and 3) Diction House.
Keywords: Indonesian, Learning Media, Short Story Text.
Abstrak
Pentingya Bahasa Indonesia menjadi dasar diberlakukannya kebijakan bahwa Bahasa Indonesia wajib diterapkan dan dipelajari sebagai pelajaran di semua jenjang pendidikan. Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks merupakan bentuk pembelajaran yang dicanangkan pada kurikulum Pendidikan di Indonesia. Era perkembangan 4.0 memberikan banyak perkembangan dalam bidang teknologi dan informasi yang juga menjalar dalam bidang pendidikan. Dalam penerapan teknologi dan informasi di bidang pendidikan, sudah sepatutnya pendidikan di Indonesia menggunakan teknologi sebagai unsur pendukung proses pembelajaran. Pada kenyataannya, pelaksanaan pembelajaran di sekolah masih mengalami kendala perihal media yang digunakan. Minimnya inovasi media belajar pada pembelajaran yang ada menjadi dasar perlunya pengembangan media visual berbasis web sebagai sarana penunjang. Metodologi penelitian didasarkan pada pendekatan penelitian dan pengembangan menggunakan lima langkah yang mencakup mengetahui peluang dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan tinjauan desain. Pada penelitian ini hanya menggunakan tahap satu sampai tiga. Desain produk yang dihasilkan berupa website belajar bernama ”Cerpen Saku” yang berisi materi tentang cerita pendek, karya-karya cerpen siswa, serta referensi diksi. Pengembangan Cerpen Saku bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks yang menyenangkan dan fleksibel. Cerpen Saku memiliki tiga fitur: 1) Kenal Cerpen; 2) Cerpenku; dan 3) Rumah Diksi.
Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Media Pembelajaran, Teks Cerpen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Az-zahra, O.W. (2019) ‘Pengembangan Pembelajaran Teks Piwulang Serat Wulangreh Pupuh Gambuh Dengan Media Animasi Tembang Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cilacap’, Piwulang Jawi: Journal of Javanese Learning and Teaching , 7(1). Available at: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/piwulang.
Dewi, S.Z. and Hilman, I. (2018) ‘Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar’, Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), pp. 48–53. Available at: https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/15100 (Accessed: 25 June 2023).
Halidi, H.M., Husain, S.N. and Saehana, S. (2015) ‘Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu’, MITRA SAINS, 3(1).
Huda, M., Khasanah, U. and Indriyani Setyaningsih, V. (2021) ‘Pemetaan Materi Sastra Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama’, KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(2), pp. 293–309. Available at: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index.
Hudhana, D.W. and Fitriani, H.S.H. (2020) ‘Pengembangan Media Prezi Pada Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Se-Kota Tangerang Di Era Digital’, SIlampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 3(2), pp. 224–238. Available at: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.
Kemendikbudristek (2006) ‘Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ’. Indonesia.
Mujiwanto, M., Murtono, M. and Fathurohman, I. (2021) ‘Pengembangan Buku Teks Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pati Untuk SMP/MTs’, KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(2), pp. 425–442. Available at: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index.
Nursyam, A. (2019) ‘Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi’, EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan , 18(1), pp. 811–819. Available at: http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose.
Pemerintah Indonesia (2002) ‘Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2002 tentang Perguruan Tinggi’.
Rahman, A.F., Atmazaki, A. and Abdurahman, A. (2018) ‘Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMP Negeri Kabupaten Padang Pariaman’, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), pp. 9–16. Available at: https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/100704 (Accessed: 25 June 2023).
Sugiyono (2013) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Available at: https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43 (Accessed: 9 July 2022).
Sutisna, E., Novita, L. and Iqbal Iskandar, M. (2020) ‘Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku’, Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), pp. 1–6. Available at: http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal.
Suwandi, S. (2019) Pembelajaran Bahasa Indonesia Era Industri 4.0. Edited by H. Kurniawan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v7i1.67000
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
e-ISSN : 2621-3788 (Online)
p-ISSN : 2656-1956 (Print)
Mailing Address
FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id
Indexed by
Email: hemry@untan.ac.id
View My Stats