PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE

Abdul Sahri Wiji Asmoko

Abstract


Abstract

Presenting subject matter in an ineffective manner can cause students to feel bored and unmotivated in learning. For this reason, it is necessary to design learning media that can increase student interest and learning outcomes. The approach used is R&D and the 4-D development model. The purpose of this research is to design an interactive multimedia that can be used in Indonesian subjects and accessed through mobile devices with the Android operating system. The results of this study have developed interactive multimedia based on Android with 6 stages, namely: (1) concept, (2) design, (3) material collecting, (4) assembly, ( 5) testing ( testing), (6) distribution ( distribution) on Adobe Animate.

.

Keywords: Interactive multimedia, Android, Adobe Animate.

 

Abstrak

Menyajikan materi pelajaran secara yang kurang efektif dapat menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak termotivasi dalam belajar. Untuk itu perlu perancangan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan yaitu R&D dan model pengembangan 4-D. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sebuah multimedia interaktif yang dapat digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan diakses melalui perangkat mobile dengan sistem operasi android. Hasil penelitian ini telah dibangun multimedia interaktif berbasis android dengan 6 tahapan yaitu: (1) konsep ( concept), (2) perancangan ( design), (3) pengumpulan bahan materi ( material collecting), (4) pembuatan ( assembly), (5) pengujian ( testing), (6) distribusi ( distribution) pada Adobe Animate.

 

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Android, Adobe Animate.

 


Keywords


Multimedia Interaktif, Android, Adobe Animate

Full Text:

PDF

References


Adobe Inc. (2018). Adobe Animate: Cara membuat animasi interaktif dengan Adobe Animate. Diakses dari https://www.adobe.com/id/products/animate.html pada tanggal 15 Desember 2022.

Android Inc. (2018). Tentang Android. Diakses dari https://www.android.com/intl/id_id/about/ pada tanggal 15 Desember 2022.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Djuhar, S. (2013). Hambatan-Hambatan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Mu’arif, S. (2016). Pengaruh media pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 123-128.

Nugroho, A. (2017). Perancangan multimedia interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tesis. Universitas ABC, Surabaya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryawan, A. (2014). Multimedia Interaktif: Penggunaan dan Pembuatan. Bandung: Informatika.

Sutopo, D. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development: A four-dimensional model. Educational Technology, 14(8), 5-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ekha.v6i1.60519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN : 2621-3788 (Online)

p-ISSN : 2656-1956 (Print)

Mailing Address

FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: [email protected]

Indexed by

ROAD: the Directory of Open Access scholarly ResourcesBielefeld Academic Search Engine (BASE)Dimensions

 

 

Email: [email protected]

     

  Creative Commons License

View My Stats