PROSES PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA DINI PADA TATARAN FONOLOGI: ANALISIS PSIKOLINGUISTIK
Abstract
Abstract
The purpose of this research is to analyze the language acquisition process of early childhood at the phonological level. The research method in this research is qualitative research. Sources of data in this study using primary and secondary data sources. Data collection techniques in this study used reading techniques, note-taking techniques, and document studies. Data analysis techniques in this study are data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study are that language acquisition in children cannot be separated from the processes that occur in the child's brain in consuming words that continue to grow. language acquisition for children aged 3.5 years viewed from the aspect of morphological development in a child named Muhammad Gibran experienced a slight delay.
Keywords: Children, Language, Phonology, Psycholinguistics.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pemerolehan Bahasa anak usia dini pada tataran fonologi. Metode penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini menggunakan sumberdata primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca, teknik catat, dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa pemerolehan bahasa pada anak tidak lepas dari proses-proses yang berlaku pada didalam otak anak tersebut dalam mengkonsumsi kata-kata yang terus berkembang. pemerolehan bahasa anak yang berusia 3,5 tahun dipandang dari aspek perkembangan morfologi pada anak yang bernama Muhammad Gibran sedikt mengalami keterhambatan.
Kata Kunci: Anak, Bahasa, Fonologi, Psikolinguistik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiyanto, Fajaruddin. (2019). “Tinjauan atas Artikel Penelitian dan Pengembangan Pendidikan di Jurnal Keolahragaan” dalam Jurnal Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Vol. 7, No 1, h. 84, tahun 2019.
Arifin, Mulyati, Mimin Nurjhani dan Muslim. (2009). Ilmu pengetahuan alam dan Pengetahuanku. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Nasional.
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assaki, Bayu Islam, dkk. (2018). “Pemanfaatan Fonetik Artikulatoris Untuk Peningkatan Kemampuan Pelafalan Bahasa Sasak Anak Down Syndrome Ringan Di Lombok Timur” dalam Jurnal Linguistika Universitas Udayana Bali, Vol. 49, No. 25.
Furchan, Ahmad. (2004). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kurniawan. (2015). “Studi Kasus Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2 Tahun Hasil Pernikahan Pasangan Beda Daerah: Kajian Fonologi (Fonetik Artikulatoris)”. dalam Jurnal Linguistik Terapan. Politeknik Negeri Malang. Vol. 5 No. 2.
Lestari, Denok. (2021). “Trend Terkini Ilmu Linguistik Dan Sastra” dalam Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra, Universitas Mahasaraswati Press Bali, Juni 2021.
Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Moeleong, Lexi J. (1997). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Salnita, Yulia Eka, dkk. (2019). “Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 3 Tahun”. dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Padang, Vol. 3 No. 1.
Silalahi, Ulber. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.
Soeparno. (2002). Dasar-Dasar Linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umar, Husein. (2004). “Metode Penelitian Untuk Skripsi Tesis dan Bisnis”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wahidmuri. (2017). “Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif”. Malang: Artikel UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Tahun 2017.
DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v6i1.60446
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
e-ISSN : 2621-3788 (Online)
p-ISSN : 2656-1956 (Print)
Mailing Address
FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id
Indexed by
Email: hemry@untan.ac.id
View My Stats