PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Abstract
The purpose of this research is to improve students' scientific writing skills or abilities through the STAD type of cooperative learning mode. This type of research is classroom action research or what is often referred to as classroom action research. The subjects in this study were students of the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Hasyim Asy'ari University, totaling 20 people. The data collection technique used in this classroom action research is through observation, tests, interviews and documentation. The result of this research is the finding of an increase in the results of writing scientific papers in cycle II by using the STAD (Student Teams-Achievement Divisions) cooperative learning model.Keyword: Scientific Writing, Cooperative Learning Model, Student Teams-Achievement Divisions.
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilanatau kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa melalui mode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau yang sering disebut dengan Classroom Action Research. Subjek pada penelitian ini yaitu mahasiswa prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Hasyim Asy’ari yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini adalah ditemukan peningkatan hasil menulis karya ilmiah pada siklus II dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions).
Kata Kunci: Menulis Karya Ilmiah, Model Pembelajaran Kooperatif, Student Teams-Achievement Divisions.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ernawati. (2017). Karakteristik Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team –Achievment Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional MIPA III Langsa Aceh. 405-411
Lestari, A.W. (1999). Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga.
Rahardi, Kunjana R. (2009). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.
Pramesti, Utami Dewi. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Paragraf pada MKU Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Padang Melalui Model STAD (Student Team –Achievment Divisions) Metode Menulis Berantai. Jurnal Kredo 2(1). 1-16.
Rinawati. (2002). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pokok Bahasan Kalor. Skripsi. UPI Bandung. Tidak diterbitkan.
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperativ Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sumiyati. (2021). Model Pembelajaran Student Team Achievment Divisions Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS. Jurnal JIPSINDO 8 (1). 44-58.
DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v5i1.53287
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
e-ISSN : 2621-3788 (Online)
p-ISSN : 2656-1956 (Print)
Mailing Address
FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id
Indexed by
Email: hemry@untan.ac.id
View My Stats