MINAT BACA SISWA SD KELAS TINGGI DI MASA PEMBELAJARAN DARING

Feby Dita Pujianti

Abstract


Membaca merupakan aspek dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui seberapa jauh minat baca pada siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa metode survei dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas tinggi (IV, V, VI) yang berjumlah 15 orang. Objek dalam penelitian ini adalah minat membaca pada siswa. Hasil analisis berdasarkan angket dapat diperoleh bahwa minat baca siswa kelas tinggi (IV, V, VI) relatif sedang. Faktor yang mempengaruhi yaitu adanya pandemi membuat siswa jenuh dengan pembelajaran daring, kurangnya pemahaman belajar siswa, serta kurang efektifnya pembelajaran daring terhadap minat baca siswa. Pengaruh lingkungan serta pengaruh teknologi secara tidak langsung mempengaruhi minat baca siswa. Untuk pengembangan sikap minat baca siswa perlu adanya kerja sama antara orang tua dan guru, sehingga membaca bukan sekedar membaca tetapi juga memahami isi bacaan.

Keywords


Literasi, Minat baca, Siswa Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Jurnal:

Anisa, AR, Ipungkarti, AA, & Saffanah, KN Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. ejournal.upi.edu, Vol. 1, No. 1 (2021).

Antari, DN, Nenden, S, & Neneng, SR (2016). Studi Deskriptif Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Kelas V di Kota Serang. Jurnal Kalimaya, Vol. 4, No. 2, Agustus 2016, antologi.upi.edu.

Ati, AP, & Widiyarto, S, 2020, Literasi Bahasa Dalam Meningkatkan Minat Baca Dan Menulis Pada Siswa Smp Kota Bekasi. Basastra, Vol. 9, No. 1 (2020), jurnal.unimed.ac.id.

Elendiana, M (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), Vol. 2, No. 1, journal.universitaspahlawan.ac.id.

Rohim, DC, & Rahmawati, S (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol. 6, No. 3 (2020), journal.unesa.ac.id.

Utami, RD, Wibowo, DC, & Susanti, Y (2018). Analisis Minat Membaca Siswa Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar Negeri 01 Belitang. Jurnal pendidikan dasar perkhasa, neliti.com.

Website:

Devega, E. 2017. TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Retrieved Desember 13, 2021, from https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Admin, 2021. Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara. Retrieved Desember 13, 2021, from https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661

Dawaty, Syafni. 2020. PENELITIAN KUANTITATIF. Retrieved Desember 14, 2021, from https://raharja.ac.id/2020/10/29/penelitian-kuantitatif/

Dany, AA. 2016. Metode Penelitian. Retrieved Desember 14, 2021, from http://repository.unika.ac.id/13381/4/12.30.0248%20Amanda%20Ayu%20Dany%20BAB%20III.pdf.




DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v5i2.51755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN : 2621-3788 (Online)

p-ISSN : 2656-1956 (Print)

Mailing Address

FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id

Indexed by

ROAD: the Directory of Open Access scholarly ResourcesBielefeld Academic Search Engine (BASE)Dimensions

 

 

Email: hemry@untan.ac.id

     

  Creative Commons License

View My Stats