PENDAYAGUNAAN CARRD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS WEBSITE

Umi Muthmainnah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memaparkan pendayagunaan situs web Carrd, serta keefektifan situs web tersebut dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan cara menyebar angket . Data yang berupa angka dan jawaban singkat tersebut dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan hasil yang tertera. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 96% responden yang menganggap Carrd merupakan media yang efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, sementara 4% menganggap menganggap kurang efektif. Meskipun begitu, seluruh responden setuju bahwa Carrdmerupakan media pembelajaran bahasa Indonesia yang menarik. 88% responden merasa terbantu dengan hadirnya Carrd , sementara 12% sisanya belum terbantu. Terdapat 28% responden yang masih merasa kesulitan menggunakan Carrd, sementara 72% sisanya merasa tidak memiliki masalah. Para responden memberi tanggapan bahwa Carrd merupakan media pembelajaran yang menarik karena memiliki desain yang singkat sehingga materi yang disampaikan tidak bertele-tele, tetapi perlu waktu untuk terbiasa menggunakan media tersebut.

Keywords


Media Pembelajaran, Carrd, Website, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Carrd. (2021). Carrd.Inc. https://carrd.co/docs/general/about

Ismail, M. I. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher.

Media Pembelajaran Berbasis Website Tidak Ada Matinya. (2020). Universitas Negeri Surabaya. http://pe.feb.unesa.ac.id/post/media-pembelajaran-berbasis-website-tidak-ada-matinya

Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., Nurkamilah, M., Trilesatri, A., & Husen, W. R. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Nurfadhillah, S. (2021). Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak.

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., Purba, L. I. B., Chamidah, D., Kaunang, F. J., Jamaludin, & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Pengertian Web. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. https://kbbi.web.id/web

Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., Febrianty, Yanti, Simarmata, J., Chamidah, D., Purba, D. S., & Purba, B. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putra, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v5i2.51478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN : 2621-3788 (Online)

p-ISSN : 2656-1956 (Print)

Mailing Address

FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id

Indexed by

ROAD: the Directory of Open Access scholarly ResourcesBielefeld Academic Search Engine (BASE)Dimensions

 

 

Email: hemry@untan.ac.id

     

  Creative Commons License

View My Stats