NILAI MORALITAS SEBAGAI PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK DALAM SERI DONGENG 3D NUSANTARA: MALIN KUNDANG

Rini Agustina Putri

Abstract


Penelitian ini membahas tentang nilai moralitas buku Seri Dongeng 3D Nusantara: Malin Kundang. Legenda Malin Kundang digemari oleh banyak orang mulai dari anak-anak sampai dewasa, selain itu banyak amanat yang terkandung di dalam legenda Malin Kundang. Legenda ini dapat kita temui dalam bentuk film, sinetron, dll yang umumnya dibuat untuk orang dewasa dengan masalah yang lebih kompleks. Namun dewasa ini sudah muncul variasi-variasi baru berupa karya sastra buku dongeng 3D yang dikhususkan bagi anak-anak. Karya sastra merupakan dokumen sosial yang menggambarkan refleksi situasi dalam penciptaan karya sastra. Karya sastra adalah perwujudan dari kondisi sosial masyarakat. Sastra anak yang baik adalah yang mengandung nilai moralitas bagi kanak-kanak. Maka dari itu, karya sastra penting bagi kehidupan dan pribadi anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu suatu penelitian yang mendeskripsikan kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi. Hasil yang diperoleh dari analisis ini menunjukan bahwa Seri Dongeng 3D Nusantara: Malin Kundang dianggap memberikan nilai-nilai moralitas bagi pengembangan karakter anak.

Keywords


Anak, Sastra, Dongeng

Full Text:

PDF

References


A. Teeuw. (2013). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Dunia Pusat

Fitrah, Muh & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, dan Studi Kasus. Sukabumi: Jejak

Mulyadi, Mohammad. (2011). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikian Dasar Menggambungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol 15 No. (1)

Mulyono. (2016). Nilai-Nilai Pembentuk Karakter dalam Filsafat Sosrokartono. Jurnal Sabda Vol. 11 No. (2)

Neina, Qurrota Ayu. (2018). Dongeng Abad 21: Modernisasi Sastra Anak Berbasis Psikologi Perkembangan. Jurnal Sastra

Indonesia. Vol. 7 No. (3)

Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak (Pengantar Pemahaman Dunia Anak). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Panglipur, Purhani Jatining, & Eka Listyaningsih. (2017). Sastra

Anak Sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa dan Sastra Untuk Menumbuhkan Berbagai Karakter di Era Global. Prosiding Seminar

Nasional #3 “Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global” (pp. 687-696). Jember: FKIP Unej




DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v4i2.43561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN : 2621-3788 (Online)

p-ISSN : 2656-1956 (Print)

Mailing Address

FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id

Indexed by

ROAD: the Directory of Open Access scholarly ResourcesBielefeld Academic Search Engine (BASE)Dimensions

 

 

Email: hemry@untan.ac.id

     

  Creative Commons License

View My Stats