PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PUISI BERBASIS TEMATIK INTEGRATED MELALUI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI SEKOLAH DASAR

Rukayah Rukayah

Abstract


Penggunaan lingkungan kolaborasi peer to peer dalam CIRC sangat bermanfaat di usia sekolah dasar. Berdasarkan uraian di atas, pembelajaran puisi di SD akan lebih layak jika disajikan secara terintegrasi dengan CIRC karena pembelajarannya bersifat reseptif dan produktif. Oleh karena itu pengembangan pembelajaran puisi berbasis tematik integrated melalui pembelajaran CIRC perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan prototype pembelajaran puisi berbasis tematik integrated melalui CIRC di SD Kota Surakarta. Penelitian ini dirangkum menjadi empat tahap sesuai dengan kebutuhan penelitian, yakni (1) tahap penyusunan draf awal (prototype); (2) tahap pengembangan (3) tahap uji keefektifan, dan (4) desiminasi. Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut: (1) pada tahap studi pendahuluan ditemukan bahwa pembelajaran puisi di SD masih belum sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru SD. Buku teks diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang puisi dan menulis puisi; (2) Pengembangan pembelajaran puisi dilakukan dengan menerapkan model CIRC; (3) Uji terbatas dan uji luas penelitian ini menghasilkan model pembelajaran puisi berbasis CIRC yang layak untuk siswa SD; (4) Uji keefektifan produk menghasilkan pembelajaran puisi yang dikembangkan dengan model CIRC yang efektif.


Keywords


Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), puisi, sekolah dasar, tematik integrated

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, W. (2017). Pengembangan Model Sinektik Berbantuan Media Video dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Peserta Didik di Kelas V SD. Tarling: Journal of Language Education, 1(1), 91-103.

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxnomy for Learning teaching, and Assesing : A revison pf Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York : Addison Wesley Lonman Inc.

Borg, W.R. and Gall, MD. 2003. Educational Research: An Introduction. Seventh Edition. Boston: Peason Education

Gunadi, D., & Sumayana, Y. (2018). Peran Literasi Media Bagi Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Menulis Puisi di SD. Primaria Educationem Journal (PEJ), 1(1), 61-66.

Gunawan, Adi. (2006). Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Irwanti, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Bebas Kelas 8 SMP Xaverius Tugumulyo. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(1), 32-49.

Maziyah, N. A. (2020). Peningkatan keterampilan membaca puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui media Youtube pada peserta didik Kelas II MI Nurul Ulum Gresik (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Milles, M.B & A.Michael Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munarto, M., & Mulyani, M. (2016). Pengembangan Model Sinektik Terpimpin Berwawasan Lingkungan Menulis Puisi dalam Pembentukan Moral Siswa. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1).

Nana Syaodih Sukmadinata. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Panduan Kemendiknas tahun 2017 tentang Kurikulum 2013 Edisi Revisi.

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Menulis Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rindengan, M. E. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Pendekatan Kontekstual melalui Teknik Cooperative

Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(1), 1-15.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers.

Saputro, A. N. (2017). Pengembangan Buku Ajar Menulis Sastra yang Berorientasi pada Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Gramatika. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3, 183-193.

Sari, Y. D. K., Chamisijatin, L., & Santoso, B. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas IV dengan Model Demonstrasi Didukung Media Video Pembelajaran di SDN 1 Sumbersari Kota Malang. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2).

Simanungkalit, E., & Tarigan, A. L. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Model CIRC Kelas V SD Negeri 104247 Tanjung Mulia TA 2017/2018. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 9(1), 33-42.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, NS. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sutirjo & Mamik S.I. (2004). Tematik. Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004. Malang: Bayumedia Publishing

Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2015 tentang hak dan Kewajiban Guru dan Dosen.

Wahyudi, F. A., & Doyin, M. (2015). Pengembangan Buku Pop Up Tiga Dimensi Sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Lingua, 11(2).

Waraulia, A. M., & Saputro, A. N. (2016, May). Pengembangan Buku Ajar Menulis Puisi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas VIII SMP N 1 Mantingan Ngawi Tahun Pembelajaran 2014/2015. In Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education) (pp. 326-337).




DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v4i1.43435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN : 2621-3788 (Online)

p-ISSN : 2656-1956 (Print)

Mailing Address

FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id

Indexed by

ROAD: the Directory of Open Access scholarly ResourcesBielefeld Academic Search Engine (BASE)Dimensions

 

 

Email: hemry@untan.ac.id

     

  Creative Commons License

View My Stats