Implikasi Aspek Keterampilan Berbahasa Indonesia Terhadap Linguistik Sinkronis Pada Buku Tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013

Noer Hayati

Abstract


Penelitian tentang implikasi aspek keterampilan berbahasa buku teks ini betujuan untuk (1) memaparkan identifikasi materi ajar bahasa Indonesia dengan aspek keterampilan berbahasa dalam buku tematik kelas IV SD, (2) memaparkan implikasi materi ajar bahasa Indonesia terhadap linguistik sinkronis pada buku tematik kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) atau penelitian dokumen (documentary analysis). Instrumen penting dalam penelitian ini adalah dokumen sebagai sumber analisis data. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tertentu adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumenter (dokumentary study). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah materi ajar dalam buku teks siswa kelas IV SD/MI Kurikulum 2013. Data ini berdasarkan hasil studi dokumenter mengenai empat komponen aspek keterampilan dalam lingkup kebahasaan meliputi; keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, dan keterampilan membaca. Analisis ini dilakukan dengan mendeskripsikan materi ajar dan implikasinya terhadap linguistic sinkronis pada buku tematik siswa kelas IV SD/MI kurikulum 2013. implikasi aspek keterampilan berbahasa terhadap linguistic sinkronis ini tidak semua identifikasi aspek keterampilan berbahasa menunjukkan implikasi secara langsung dalam teks yang sesuai dengan keterampilan berbahasa. Ditemukan pula, implikasi secara tidak langsung aspek keterampilan berbahasa terhadap linguistik sinkronis ini. Hal ini terlihat melalui ketidaksinambungan antara deskripsi tugas dan tataran linguistic sinkronis yang dituju.


Keywords


Buku Teks, Aspek Keterampilan Berbahasa, Linguistik Sinkronis

Full Text:

PDF

References


Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan,

Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). http://bsnp-indonesia.org/id/?page-id=74, diakses 16 Juni 2020

Markhamah, Atiqa dan Dwi. 2018. Teori Linguistik. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Uji Publik Kurikulum 2013, Tematik Integratif, dalam http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/node/2028, diakses 16 Juni 2020.




DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v3i2.41407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN : 2621-3788 (Online)

p-ISSN : 2656-1956 (Print)

Mailing Address

FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id

Indexed by

ROAD: the Directory of Open Access scholarly ResourcesBielefeld Academic Search Engine (BASE)Dimensions

 

 

Email: hemry@untan.ac.id

     

  Creative Commons License

View My Stats