INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Abstract
Penguatan Pendidikan Karakter merupakan sebuah gerakan pemerintah yang dilakukan untuk memperkuat karakter siswa. Dalam dunia pendidikan, saat ini kementerian pendidikan sedang gencar-gencarnya melakukan penguatan pendidikan karakter sebagai respon dari maraknya kasus yang menunjukkan kualitas penurunan moral dan karakter anak bangsa. Penguatan Pendidikan karakter perlu dilakukan, terutama pada mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, belakangan ini juga kementerian pendidikan sedang dihadapi oleh situasi yang disebabkan oleh adanya wabah Coronavirus 2019 yang mengakibatkan pemerintah harus mengeluarkan kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Adanya permasalahan tersebut membuat gerakan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia harus diintegrasikan dengan pembelajaran jarak jauh. Pengintegrasian tersebut dilakukan dengan mengabungkan empat keterampilan berbahasa yaitu Keterampilan Menyimak, Keterampilan Berbicara, Keterampilan Membaca dan Keterampilan Menulis dengan lima nilai karakter utama pendidikan karakter yaitu Nilai Religius, Nilai Nasionalis, Nilai Gotong-royong, Nilai Mandiri, dan Nilai Integritas ke dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis media e-learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, Sofan, dkk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Asmani, Jamal Ma’mur.2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.
Belawati, Tian dkk.1999. Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kemendikbud, 2016. Kajian dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Munir.2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Warsita, Bambang.2011. Pendidikan Jarak Jauh, Perencanaan, Pengembangan, Implementasi, Dan Evaluasi Diklat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Xueqin, C. (2012). The Modeling of Virtual Environment Distance Education. Elsevier 24, hal .2339-2346. https://doi.org/10.1016/j.phpro.2012.02.347
DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v3i2.41259
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
e-ISSN : 2621-3788 (Online)
p-ISSN : 2656-1956 (Print)
Mailing Address
FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id
Indexed by
Email: hemry@untan.ac.id
View My Stats