PENERAPAN TEKNIK BRAINWRITING UNTUK MENINGKATKAN MENULIS WACANA NARASI PADA SISWA KELAS XI TPHP SMK
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, aktivitas dan hasil menulis wacana narasi menggunakan teknik brainwriting. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru SMK Negeri 5 Singkawang Utara Tahun Pelajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa teknik brainwriting dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran khususnya perencanaan, pelaksanaan, aktivitas dan kemampuan menulis siswa. Hal itu terlihat dari data yang didapatkan yakni perencanaan siklus I sebesar 76,66% (baik), siklus II sebesar 83,33% (sangat baik), dan siklus III sebesar 86,66% (sangat baik). Pelaksanaan pada siklus I sebesar 61% (cukup baik), siklus II 77% (baik), dan siklus III 90% (sangat baik). Rata-rata hasil belajar juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 51,56, siklus 58,71, dan siklus III 75,22. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan sebesar 27,21 pada siklus I, pada siklus II sebesar 28,25, dan pada siklus III sebesar 29,89.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis Wacana Narasi, Teknik Brainwriting.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Keraf, G. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
Michalko, Michael. 2004. Permainan Berpikir (Thinkertoys). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noviega, Lidya. “Teaching Writing by Combining Brain Writing Strategy and Running Dictation Strategy in Junior High School”. Jounal Ilmiah. 2-3.
Saddhono, Kundharu dan Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwanti.
Suriamiharja, A. dkk. (1997). Petunjuk Praktis Menulis. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v1i1.30952
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
e-ISSN : 2621-3788 (Online)
p-ISSN : 2656-1956 (Print)
Mailing Address
FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id
Indexed by
Email: hemry@untan.ac.id
View My Stats