Sikap Bahasa Generasi Milenial Melayu Pontianak Terhadap Bahasa Indonesia: Kajian Sosiolinguistik

Iftita Edytia Pangesti, Ahmad Rabiul Muzammil

Abstract


Sebagai bahasa negara, sudah seharunya bahasa Indonesia dipergunakan secara baik dan benar sesuai dengan kaidah berbahasa yang tepat. Jika dilihat pada perkembangan teknologi yang semakin maju membuat pengaruh sehingga dapat merusak penggunaan bahasa Indonesia. Hal ini dipengaruhi karena perilaku yang tidak baik yang digunakan oleh remaja pada generasi Milenial yang berempat tinggal di kota-kota besar. Generasi Milenial diharapkan dapat menjunjung tinggi penggunaan bahasa Indonesia, tidak melunturkan bahasa daerah, tidak menggunakan bahasa gaul dikehidupan sehari-hari dan menjadikan penggunaan bahasa asing sebagai pedoman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap bahasa remaja di era generasi Milenial yang ada di daerah Kota Pontianak dengan teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur. Dengan menggunakan bentuk penelitian kualitatif-deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tanggapan secara lisan mengenai bahasa yang dipergunakan remaja generasi Milenial pada kehidupannya sehari-hari. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui narasumber penelitian remaja Melayu Kota Pontianak yang mempergunakan bahasa Indonesia dengan baik dan remaja Melayu Kota Pontianak yang masih mempergunakan bahasa asing, bahasa daerah, dan juga bahasa gaul dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan oleh peneliti mengenai sikap bahasa generasi Milenial Melayu Pontianak terhadap bahasa Indonesia dengan menggunakan kajian sosiolinguistik, maka ditemukan bahwa lebih banyak remaja yang sudah menjadi narasumber memilih poin positif pada penggunaan bahasa Indonesia. Dengan jawaban yang bernilai positif baik pada pertanyaan wawancara yang ada, maka pilihan tersebut dapat dikatakan bahwa para remaja di generasi Milenial memiliki sikap bahasa yang baik, dikarenakan hal ini dipengaruhi oleh lingkungan disekitarnya.


Full Text:

PDF

References


Afsari, A. S., Sobarna, C., & Risagarniwa, Y. Y. (2020). FENOMENA UNGKAPAN TRADISIONAL BAHASA SUNDA DI KOTA BANDUNG: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK [THE PHENOMENON OF SUNDANESE LANGUAGE TRADITIONAL EXPRESSION IN BANDUNG CITY: SOCIOLINGUISTICS ANALYSIS]. TOTOBUANG, 8(1), 165–182. https://doi.org/10.26499/ttbng.v8i1.217

Anjali, M. E. C., & Istiqomah, Z. (2020). Meningkatkan literasi informasi penulisan karya ilmiah mahasiswa melalui pelatihan zotero. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 16(2), 198–210. https://doi.org/10.22146/bip.v16i2.104

Artisna, P., Naswa, F., & Rohmah, M. (2022). Respon Generasi Milenial Indonesia Di Tengah Masuknya Budaya Asing.

Assapari, M. M. (t.t.). EKSISTENSI BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA NASIONAL DAN PERKEMBANGANNYA DI ERA GLOBALISASI.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421

Azizah, H. N., & Dewi, D. W. C. (t.t.). STRATEGI DAN INOVASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA PADA GENERASI MILENIAL. 1(3).

Budihastuti, E. (2020). ISTILAH KESEHATAN YANG BERKENAAN DENGAN COVID-19 YANG DIPILIH GENERASI MILENIAL. 17(2).

Haryono, A. (t.t.). PERUBAHAN DAN PERKEMBANGAN BAHASA: Tinjauan Historis dan Sosiolinguistik.

Julita, R., & Lyra, H. M. (2023). LANGUAGE ATTITUDE OF THE TADJIMALELA EXTRACURRICULAR GROUP AT STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 8 BANDUNG TOWARDS SUNDANESE LANGUAGE: A SOCIOLINGISTIC STUDY. Jurnal Kata, 7(2).

Madina, L. O. (2019). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR DALAM BERKOMUNIKASI. Journal of Dedication to Papua Community, 2(2). https://doi.org/10.34124/jpkm.v2i2.47

Mansyur, U. (2019). Sikap Bahasa Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. GERAM, 7(2), 71–77. https://doi.org/10.25299/geram.2019.vol7(2).4026

Marsudi, M. (2008). EKSISTENSI BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA PERSATUAN. Jurnal Sosial Humaniora, 1(2). https://doi.org/10.12962/j24433527.v1i2.674

Mulyawan, R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Menjaga Persatuan dan Kesatuan di Tengah Pluralitas Masyarakat Indonesia. 5.

Prayogi, A. (2021). Pendekatan Kualitatif dalam Ilmu Sejarah: Sebuah Telaah Konseptual. Historia Madania: Jurnal Ilmu Sejarah, 5(2), 240–254. https://doi.org/10.15575/hm.v5i2.15050

Putrihapsari, R., & Dimyati, D. (2021). Penanaman Sikap Sopan Santun dalam Budaya Jawa pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2059–2070. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1022

Ramdhani, I. S. (t.t.). Sikap Berbahasa, Pemertahanan Bahasa, dan Peran Generasi Milenial terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia.

Resviya, R. (2023). Perspektif Generasi Milenial Terhadap Eksistensi Bahasa Indonesia Di Media Sosial. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(1), 17–27. https://doi.org/10.37304/jikt.v14i1.203

Sukatmo, S. (2022). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI KALANGAN GENERASI MILENIAL. 1(4).

Suprayitno, M. A., & Moefad, A. Moh. (2024). Peran Pendidikan Islam Terintegrasi dalam Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Generasi Muda Muslim di Era Globalisasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1763–1770. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3658

Supriyadi, I. (2019). Sosialisasi Kenakalan Remaja Milenial. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 2(2). https://doi.org/10.37849/mipi.v2i2.172

Ulya, D. F. (2022). Dinamika Sikap Generasi Milenial Terhadap Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Unisba Angkatan 2022.

Wagiati, W., Darmayanti, N., & Zein, D. (2022). SIKAP BERBAHASA DAN PERAN GENERASI MILENIAL TERHADAP PEMERTAHANAN BAHASA SUNDA DI KABUPATEN CIAMIS, PROVINSI JAWA BARAT. Metahumaniora, 12(3), 271. https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v12i3.38650

Wahyuni, S., Rahaningmas, S. A., & Mahendra, M. I. (t.t.). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI KALANGAN GENERASI MILENIAL.

Widiastuti, N. E. (2022). Lunturnya Sikap Nasionalisme Generasi Milenial Terhadap Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(2), 80–86. https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i2.44

Yasmin, F. A., & Jasmine, R. P. (t.t.). Eksistensi Bahasa Indonesia Melalui Media Sosial Untuk Generasi Milenial.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357




DOI: https://doi.org/10.26418/bedande.v1i1.79447

DOI (PDF): https://doi.org/10.26418/bedande.v1i1.79447.g75676602177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

7 moraref1 Google Scholar