Identifikasi Potensi Abu Terbang (Fly Ash) Sebagai Bahan Pengganti Sebagian Semen Pada Pembuatan Paving Block Ramah Lingkungan
Abstract
Fly ash merupakan residu dari aktivitas pembakaran batu bara pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Fly ash dapat menyebabkan pencemaran udara dan pencemaran tanah, sehingga diperlukan suatu upaya untuk mengurangi pencemaran melalui pemanfaatan dalam menggantikan sebagian semen pada pembuatan paving block. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis komposisi yang tepat untuk mencapai kekuatan maksimum paving block, menganalisis nilai grade yang dihasilkan dari pencampuran fly ash dengan perbandingan (1:4), (1:5), (1:6) dengan total sampel sebanyak 27 benda uji dan menganalisis pengaruh fly ash sebagai pengganti sebagian semen terhadap sifat fisis paving block sesuai SNI 03-0691-1996. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen untuk menghasilkan temuan yang menunjukkan korelasi antara variabel kuat tekan, daya serap air, dan ketahanan aus paving block. Penelitian ini memberikan hasil nilai kuat tekan tertinggi yaitu 27,42 MPa pada komposisi 1:4 kode benda uji A1. Nilai daya serap tertinggi yaitu 4,2% pada komposisi 1:4 kode benda uji A0, sedangkan nilai ketahanan aus tertinggi yaitu 0,131 mm/menit pada komposisi 1:4 kode benda uji A1. Sehingga paving block tersebut dikategorikan dalam mutu kelas B yang dipergunakan untuk pelataran lahan parkir. Penggantian sebagian semen menggunakan fly ash berpengaruh terhadap nilai kuat tekan, daya serap air dan ketahanan aus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ashad, H., Supardi, S., Mappiasse, A., Zhahir, A. M. I. Z., & Prabowo Surya, D. (2020). Pemanfaatan Limbah Pembakaran Batu Bara Sebagai Bahan Substitusi Parsial Semen. Macca : Jurnal Teknik Sipil, 5(1), 76–83.
Ayu Ginting, N., Nirmala, A., & Hendri Sutrisno, dan. (2023). Analisis Pengaruh Penambahan Tailing Bauksit sebagai Agregat Halus pada Pembuatan Paving Block Di PT. Anugerah Borneo Maruya Persada. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 11(02), 338–347.
Harystama, A., Agus, M., Al Fathoni, S., & Azizi, A. (2020). Pengaruh Penambahan Abu Terbang (Fly Ash) Terhadap Kuat Tekan Paving Block. Jurnal CIVeng, 1(1), 11–16. Retrieved from http://jurnalnasional.ump.ac.id?index.php/civeng
Jauzi, I., Prihantono, & Dadang Suyadi, S. (2014). Studi Deskriptif Analitis Pemanfaatan Abu Serbuk Kayu Mahoni Sebagai Bahan Tambah Pembuatan Paving Block Untuk Mencari Kuat Tekan Optimum Berdasarkan SNI 03-0691-1989. Menara : JurnalTeknik Sipil , IX(2), 1–14.
Jeneri, R. (2023). Pengaruh Campuran Abu Batubara (Fly Ash) Sebagai Pengganti Sebagian Semen Terhadap Karakteristik Paving Block (The Effect Of Coal Ash Mixture (Fly Ash) As A Partical Replacement Of Cement On The Characteristics Of Paving Block (Skripsi). Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Lifnastiti, F. (2022). Pengaruh Variasi Penambahan Fly Ash Sebagai Pengganti Sebagian Semen Terhadap Mutu Paving Block (The Effect Adding Fly Ash Variations As A Particular Replacement Of Cement To The Quality Of Paving Blocks) (Skripsi). Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Mulyati, & Maliar, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Fly Ash Sebagai Pengganti Agregat Terhadap Kuat Tekan Paving Block. Jurnal Momentum, 17(1), 42–49.
Nursilawati, L. I. (2018). Pemanfaatan Limbah Batu Bara (Fly Ash) Sebagai Pengganti Sebagian Semen Pada Paving Block.
Tjokrodimuljo, K. (2007). Teknologi Beton. Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.26418/jtllb.v11i3.67931
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.