PENGARUH TERAPI BERNYANYI DENGAN IRINGAN MUSIK TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS DISMENORE PADA MAHASISWI PSIK UNTAN ANGKATAN 2010

Firman Fahrozi .

Abstract


Latar belakang: Dismenore adalah nyeri menstruasi yang terjadi pada saat menjelang atau selama menstruasi berlangsung. Rasa nyeri pada saat haid dapat mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan dapat memaksa penderita untuk istirahat dan meninggalkan pekerjaan maupun aktifitas lainnya.

Objektif: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terapi bernyanyi dengan iringan musik terhadap penurunan intensitas dismenore pada wanita dewasa awal.

Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre-eksperimental dengan jenis tipe one-group pre–post test design terhadap 23 orang mahasiswi PSIK UNTAN angkatan 2010 yang mengalami dismenore derajat sedang. Analisa penelitian menggunakan uji alternatif Wilcoxon.

Hasil: Dari analisa perubahan intensitas dismenore sebelum dan sesudah dengan menggunakan uji alternative Wilcoxon didapatkan hasil nilai p = 0,000 dimana nilai p < 0,05.

Kesimpulan: Pada penelitian ini terdapat pengaruh terapi bernyanyi dengan iringan musik terhadap penurunan intensitas dismenore pada mahasiswi PSIK UNTAN angkatan 2010.

 

Kata kunci: dismenore, terapi bernyanyi, musik


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v2i1.9110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

Journal Visitors

Flag Counter