PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAHDARUL FALAH

Irma Agustina

Abstract



ABSTRAK 

Latar Belakang :Perilaku Hidup Bersih dan Sehat(PHBS) merupakan sekumpulan perilaku yang mempraktikan atas dasar kesadaran sebagai hasilpembelajaran, yang menjadikan suatu individu, keluarga, kelompok atau masyarakat mandiri dalam sektor kesehatan dan memiliki peran dalam kesehatan masyarakat. Berdasarkan data yang diperoleh dari Puskesmas menunjukan bahwa masih banyak anak – anak usia sekolah yang sering terserang penyakitakibat kurangnya pengetahuan tentang PHBS.

Tujuan :Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video animasi terhadap tingkat pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada siswa kelas II madrasah ibtidaiyah darul falah. Metode :Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan rancangan pre test and post test without control dengan jumlah sampel 39responden. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengukuran tingkat pengetahuan sebelum dan setelah diberikan intervensi berupa pendidikankesehatan dengan media video animasi.Hasil :Setelah diberikan intervensi pendidikan kesehatan pada siswamenunjukkan adanya peningkatan nilai pengetahuan yang dilakukan dengan uji Marginal Homogeneity p value= 0,003 pada tingkat pengetahuan. Kesimpulan :Ada pengaruh pendidikan dengan media video animasi terhadap tingkat pengetahuan pada siswakelas II Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v6i2.50589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal Visitors

Flag Counter