TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI : A LITERATURE REVIEW

Daniel Daniel

Abstract


ABSTRACT

Background : Hospitalization can cause anxiety in some children. The level of anxiety due to hospitalization in most preschool children is severe anxiety. Play therapy is a therapy that can reduce the anxiety level of preschool children. Objectives: To identify the literature on the effect of play therapy on the anxiety of preschool children who experienced hospitalization and to determine the decrease in anxiety levels before and after being given play therapy. Methods: This is aresearch literature review, the article comes from Google scholar with 13,702 searches, Garuda portal 4 searches and Researchgate with 90 searches, a total of 13,796 searches. Then it wasscreened and read according to the inclusion criteria, 13,788 articles were issued and then 8 main articles were obtained. Results : Plasticine therapy, coloring pictures, lego, origami and super bubbles got 0.000 results so it is very effective in reducing children's anxiety levels. In addition, constructive play therapy with a result of 0.0001 provides very effective results for children's anxiety, storytelling therapy showed a significant effect on children's anxiety levels with a result of 0.003 and puzzle play therapy got a result of 0.005 indicating that puzzle playing therapy had an effect on decreasing the level of anxiety. child anxiety. Conclusion: Play therapy such as plasticine therapy, coloring pictures, lego, origami, bubbles, constructive, storytelling and puzzles are very effective in reducing the anxiety level of children who are undergoing hospitalization.

Keywords : Anxiety, Hospitalization, Play therapy, Preschool children.

 

ABSTRAK

 

Latar belakang : Hospitalisasi dapat menimbulkan kecemasan pada sebagian anak. Tingkat kecemasan  akibat hospitalisasi pada sebagian besar anak prasekolah adalah kecemasan berat . Terapi bermain adalah terapi yang dapat menurunkan tingkat kecemasan anak prasekolah. Tujuan : Mengidentifikasi literatur mengenai pengaruh terapi bermain terhadap kecemasan anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi dan mengetahui penurunan pada tingkat kecemasan sebelum dan sesudah diberikan terapi bermain. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah literatur riview, artikel jurnal berasal dari Google scholar dengan hasil 13.702 penelusuran, portal Garuda 4 penelusuran dan Researchgate dengan hasil 90 penelusuran, total seluruhnya 13.796 penelusuran. Kemudian discreening dan dibaca sesuai dengan kriteria inklusi, artikel yang dikeluarkan sebanyak 13.788 dan di dapatkan 8 artikel utama. Hasil : Terapi plastisin, mewarnai gambar, lego, origami dan gelembung super mendapatkan hasil 0,000 sehingga sangat efektif menurunkan tingkat kecemasan anak. Selain itu terapi bermain konstruktif dengan hasil 0,0001 memberikan hasil yang sangat efektif untuk kecemasan anak, terapi bercerita menunjukkan adanya efek signifikan pada tingkat kecemasan anak dengan hasil 0,003 dan terapi bermain puzzle mendapatkan hasil 0,005 menunjukkan bahwa terapi bermain puzzle memberikan pengaruh terhadap penurunan tingkat kecemasan anak. Kesimpulan : Terapi bermain seperti terapi plastisin, mewarnai gambar, lego, origami, gelembung, konstruktif, bercerita dan puzzle  efektif untuk menurunkan tingkat kecemasan anak yang sedang mengalami hospitalisasi.

Kata Kunci : Anak prasekolah, Hospitalisasi, Kecemasan, Terapi bermain

Keywords


Anak prasekolah, Hospitalisasi, Kecemasan, Terapi bermain

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Alini. (2017). Pengaruh terapi bermain plastisin (Playdought) terhadap kecemasan anak usia prasekolah (3-6 Tahun) yang mengalami hospitalisasi di ruang perawatan anak RSUD Bangkinang tahun 2017. Jurnal Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, ISSN 2580-2194 Vol 1, No2, Oktober 2017.

Al-Ihsan, M., Santi, E., & Setyowati, A. (2018). Terapi bermain origami terhadap kecemasan anak usia prasekolah (3-6 tahun) yang menjalani hospitalisasi. Jurnal keperawatan dan kesehatan, Vol 6, No 1.

Atameha, J. B. (2018). Effect of play therapy coloring against anxiety and cooperative behavior in children in orchid rooms umbu rara hospital meha waingapu. Health Polytechnic of ministry of health in kupang.

Atameha, J. B. (2018). Effect of Play Therapy Coloring Against Anxiety and Cooperative Behavior in Children in Orchid Rooms Umbu Rara Hospital Meha Waingapu. Proceeding 1st. International Conference Health Polytechnic of Kupang, 37-45.

Debilly, B., & Elisa, M. (2018). pengaruh terapi bermain mewarnai gambar terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah akibat hospitalisasi di ruangan anak di rumah sakit advent bandar lampung. Skolastik Keperawatan, Vol 4 No 2.

Diah, L. Y., & Siti, A. (2017). pengaruh terapi bermain gelembung super terhadap tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah yang mengalami hospitalisasi. Berita Ilmu Keperawatan, Vol 10, 65-70.

Dionigi, A., & Gremigni, P. (2016). Acombined intervention of art therapy and clown visits to reduce preoperative anxiety in children. Journal of clinical nursing, 632-640.

Efron, S. E., & Ravid, R. (2019). Writing the literature review a practical guide. New York: The Guilford Press.

Fransiska, D., Alvianda, V. W., & Rasiani, A. (2019). Pengaruh terapi bermain puzzle terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah pada saat hospitalisasi di ruang anak Rs Bhayangkara Sartika Asih. Jurnal ilmu kesehatan Immanuel, Volume 13 Nomor 2.

Harsismanto, Yanti, L., & Alfathona, I. (2019). Efektifitas terapi touch and talk dan terapi bercerita terhadap kecemasan anak usia 3-6 tahun di ruang edelweiys RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. Jurnal UMB.

Kodiriya, N. S., Munir, Z., Kholisotin, Fauzi, A. K., & Wahid, A. H. (2019). The effectiveness of playing clay and origami therapy to reduce anxiety pediatric patients hospitalized. Jurnal Aisyah: Jurnal ilmu kesehatan, 151-160.

Lestari, W. (2015). Pengaruh bermain origami terhadap kecemasan anak usia pra sekolah yang mengalami hospitalisasi di ruang mawar RSUD Kraton Pekalongan. Fikkes Jurnal keperawatan, 10-23.Saputro, H., & Fazrin, I. (2017). Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Akiat Hospitalisasi dengan Penerapan Terapi Bermain. Jurnal Konseling Indonesia, Vol.3 No 1,oktober 2017. halm 9-12.

Nurwulansari, Ashar, M. U., Huriati, & Syarif, S. (2019). The effect of constructive play therapy on anxiety levels of peschool children due to hospitalization. journal of health science and preventiom.

Saragih, D. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan konsep terapi bermain terhadap penerapannya di ruang anak RS Husada Jakarta. Jurnal Kesehatan Holistic, 118-137.

Sri, M., & Ris, R. R. (2019). Pengaruh terapi aktifitas bermain lego terhadap tingkat kecemasan anak prasekolah (3-6 tahun) akibat hospitalisasi. Jurnal ilmiah keperawatan indonesia, Vol 3, No 1.

Suryantini, N. P., Ma'rifah, A., Yulianti, I., Mardiyana, R., Yanti, A. d., & Kusmindarti, I. (2019). "Playdough to reduce anxiety": Alternative therapi in Pre-School Children with Hospitality. International Journal Of Nursing and Midwifery Science (IJNMS), Volume 3.

Susanti, A., & Safitri, H. (2017). Pengaruh Story Telling terhadap tingkat kecemasan. Pengaruh story telling terhadap tingkat kecemasan anak prasekolah yang menjalani hospitalisasi di RSUP Dr.M.Djamil padang tahun 2017, Volume 1, Nomor 1.

Susilaningrum, R., Nursalam, & Utami, S. (2013). Asuhan keperawatan bayi dan anak untuk perawat dan bidan edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Winda, F., Santi, E., & Rahmayanti, D. (2017). Terapi bermain puzzle terhadap penurunan tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah (3-6 tahun) yang menjalani kemoterapi d ruang hematologi onkologi anak. Jurnal keperawatan dan kesehatan, Vol 5 No 2.

Yati, M., Wahyuni, S., Pratiwi, D. S., & Islaeli. (2017). The effect of storytelling in a play therapy on anxiety level in pre-school children during hospitalization in the general hospital of buton. Public Health of Indonesia, 96-101.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v6i1.48661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

Journal Visitors

Flag Counter