STIMULASI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 1-5 TAHUN: LITERATURE REVIEW

Mia Audina, Murtilita Murtilita, Triyana Harlia Putri

Abstract


Latar Belakang : Stimulasi pada anak sangatlah penting terutama pada perkembangan bahasa
anak. Panca indra dan sistim reseptor penerima rangsangan serta proses memori harus sudah siap,
sehingga anak mampu belajar dengan baik serta keterlambatan perkembangan awal yang dapat
mempengaruhi berbagai aspek kehidupan sehari-hari dapat dihindari. Tujuan : Meninjau metode
pemberian stimulasi terhadap perkembangan bahasa pada anak usia 1-5 tahun. Metode : Metode
penelitian Literature Review, menggunakan framework SPIDER, dengan analisa content analysis.
Hasil : Stimulasi perkembangan bahasa anak usia 1-3 tahun dapat dilakukan dengan 1) Parentese
dan baby talk, 2) Demonstrasi (meniru dan memperagakan) 3) Label learning. Stimulasi
perkembangan bahasa anak usia 3-5 tahun dapat dilakukan dengan 1) Membaca nyaring 2)
Melibatkan anak dalam bercerita atau storytelling, 3) Bermain berbasis pembelajaran. Kesimpulan :
Terdapat hubungan antara stimulasi terhadap perkembangan anak dengan menggunakan berbagai
metode.


Keywords


Stimulasi bahasa, Perkembangan Bahasa, Stimulasi balita, dan Stimulasi prasekolah.

Full Text:

PDF

References


Amri, N. A. (2017). Pengaruh Metode

Bermain Peran Terhadap

Kemampuan Komunikasi (Bahasa

Ekspresif) Anak Taman Kanak-

Kanak Raudhatul Athfal Alauddin

Makassar. Pembelajar: Jurnal Ilmu

Pendidikan, Keguruan, Dan

Pembelajaran, 1(2), 105.

Https://Doi.Org/10.26858/Pembelaj

ar.V1i2.4864

Audia, S. D., Rohmi, F., & Sekarini, S.

(2020). Differences Effect Of

Language Stimulation Using

“Wayang Kertas” And Story Books

On Children’s Speaking Skills (4-5

Years). Jurnal Ilmu Keperawatan

(Journal Of Nursing Science), 8(2),

–120.

Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jik.20

008.02.8

Arifiyanti, N., & Ananda, K. (2018).

Produksi Kosakata Anak Melalui

Electronic Wordless Picture

Storybook. Retorika: Jurnal

Bahasa, Sastra, Dan

Pengajarannya, 11(2), 101.

Https://Doi.Org/10.26858/Retorika.

V11i2.6405

Benitez, V. L., & Saffran, J. R. (2018).

Predictable Events Enhance Word

Learning In Toddlers. Current

Biology, 28(17), 2787–2793.E4.

Https://Doi.Org/10.1016/J.Cub.201

06.017

Bornstein, Hahn, & Suwalsky. (2013).

Language And Internalizing And

Externalizing Behavioral

Adjustment: Developmental

Pathways From Childhood To

Adolescence. Development And

Psychopathology, 25(3), 857–878.

Dhamayanti, M. (2016). Kuesioner

Praskrining Perkembangan (Kpsp)

Anak. Sari Pediatri, 8(1), 9.

Https://Doi.Org/10.14238/Sp8.1.20

9-15

Downer, J. T., López, M. L., Grimm, K.

J., Hamagami, A., Pianta, R. C., &

Howes, C. (2012). Observations Of

Teacher-Child Interactions In

Classrooms Serving Latinos And

Dual Language Learners:

Applicability Of The Classroom

Assessment Scoring System In

Diverse Settings. Early Childhood

Research Quarterly, 27, 21–32

Firdaus, F. Firda, & Andini, E. (2019).

Analysis Of Stimulation Auditory

Since The Development Of

Language In Children Ages 12-24

Months In 19 Th And 20 Th

Neighborhood Association,

Tawangsari Barat Village,

Sidoarjo, East Java Province,

Indonesia. Nurse And Health:

Jurnal Keperawatan, 8(1), 50–55.

Https://Doi.Org/10.36720/Nhjk.V8i

60

Kementerian Kesehatan Republik

Indonesia. (2015). Buku Ajar

Kesehatan Ibu Dan Anak. In

Departemen Kesehatan Republik

Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. (2018).

Laporan Riskesdas 2018. Laporan

Nasional Riskesdas 2018, 53(9),

–222.

Http://Www.Yankes.Kemkes.Go.Id/

Assets/Downloads/Pmk

Kirkorian, H. L. (2016). Hollins Digital

Commons Toddlers ’ Word

Learning From Contingent And

Non-Contingent Video On

Touchscreens. 405–413.

Kurniati, E. (2017). Perkembangan

Bahasa Pada Anak Dalam

Psikologi Serta Implikasinya

Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah

Universitas Batanghari Jambi,

(3), 47–56.

Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V17

i3.401

Marzali, A. (2016). Menulis Kajian

Literatur. Jurnal Etnosia, 1(2), 27–

Nurbiana, Dhieni dkk. (2014). Metode

pengembangan bahasa.

Tangerang: Universitas Terbuka.

Nuryanto, S. (2017). Penggunaan

Metode Read Aloud Untuk Mendongeng Pada Anak Usia Dini.

Jurnal Audi, 1(1), 38–44.

Pusari, R. W., & Karmila, M. (2018). The

Effectivity Of Language Games

Method And Learning Motivation

Toward The. Indonesian Journal

Of Early Chilhood Education

Studies, 7(1).

Rahmawati, W., Nugraheni, A., &

Rahmadi, F. (2016). Pengaruh

Stimulasi Media Interaktif

Terhadap Perkembangan Bahasa

Anak 2-3 Tahun. Jurnal

Kedokteran Diponegoro, 5(4),

–1885.

Rizkiyana, M. (2019). Meningkatkan

Perkembangan Bahasa Anak Usia

Dini Melalui Media Kartu

Bergambar Kelompok A Di Tk

Aisyiah Bustanul Athfal Wates

Gadingrejo Pringsewu. Universitas

Islam Negeri Raden Intan.

Robingatin Dan Zakia, U. (2019).

Pengembangan Bahasa Anak Usia

Dini. Ar-Ruzz Media.

Rofiah, S., Setyowati, & Idhayanti, R. I.

(2018). Media Gambar Flashcard

Dalam Menstimulasi

Perkembangan Bahasa Anak Usia

-4 Tahun. Jurnal Jendela Inovasi

Daerah, I(2), 78–92.

Http://Jurnal.Magelangkota.Go.Id/I

ndex.Php/Cendelainovasi/Article/Vi

ew/19

Russell, E. E. (2017). Children’s Label-

Learning Experience Within

Superordinate Categories

Facilitates Their Generalization Of

Labels For Additional Category

Members. Psychology Of

Language

Snyder, H. (2019). Literature Review As

A Research Methodology : An

Overview And Guidelines. Journal

Of Business Research,

(August), 333–339.

Https://Doi.Org/10.1016/J.Jbusres.

07.039

Strouse, G. A., & Ganea, P. A. (2017).

Toddlers’ Word Learning And

Transfer From Electronic And Print

Books. Journal Of Experimental

Child Psychology, 156, 129–142.

Https://Doi.Org/10.1016/J.Jecp.20

12.001

Sudartinah, T. (2016). The Role Of

Parentese In First Language

Acquisition: A Psycholinguistic

Study. Journal Of English And

Education, 2(1), 54–66.

Https://Doi.Org/10.20885/Jee.Vol2.

Iss1.Art6

Wati, H. R., Padang, U. N., Age, G.,

Ilmiah, J., Kembang, T., Usia, A., &

Kata, K. (2019). Stimulasi

Kemampuan Berbicara Anak Di

Paud Solok Selatan Sejahtera.

Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang

Anak Usia Dini, 4(2), 51–60.

Yarrow, L. J. (2014). Development

Course On Parental Stimulation

And Its Relationship Of Mastery

Motivation During Infancy.

Developmental Psychology, 20.

Zulminiati, & Hartati, S. (2019).

Significant Sensory Stimulation

Program Through The Use Of

Flash Card As Media Of Toddler

Language Development At Pre-

Kindergarten. 293(Nfeic 2018),

–171.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v6i2.48037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal Visitors

Flag Counter