STIMULASI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 1-5 TAHUN: LITERATURE REVIEW
Abstract
Latar Belakang : Stimulasi pada anak sangatlah penting terutama pada perkembangan bahasa
anak. Panca indra dan sistim reseptor penerima rangsangan serta proses memori harus sudah siap,
sehingga anak mampu belajar dengan baik serta keterlambatan perkembangan awal yang dapat
mempengaruhi berbagai aspek kehidupan sehari-hari dapat dihindari. Tujuan : Meninjau metode
pemberian stimulasi terhadap perkembangan bahasa pada anak usia 1-5 tahun. Metode : Metode
penelitian Literature Review, menggunakan framework SPIDER, dengan analisa content analysis.
Hasil : Stimulasi perkembangan bahasa anak usia 1-3 tahun dapat dilakukan dengan 1) Parentese
dan baby talk, 2) Demonstrasi (meniru dan memperagakan) 3) Label learning. Stimulasi
perkembangan bahasa anak usia 3-5 tahun dapat dilakukan dengan 1) Membaca nyaring 2)
Melibatkan anak dalam bercerita atau storytelling, 3) Bermain berbasis pembelajaran. Kesimpulan :
Terdapat hubungan antara stimulasi terhadap perkembangan anak dengan menggunakan berbagai
metode.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, N. A. (2017). Pengaruh Metode
Bermain Peran Terhadap
Kemampuan Komunikasi (Bahasa
Ekspresif) Anak Taman Kanak-
Kanak Raudhatul Athfal Alauddin
Makassar. Pembelajar: Jurnal Ilmu
Pendidikan, Keguruan, Dan
Pembelajaran, 1(2), 105.
Https://Doi.Org/10.26858/Pembelaj
ar.V1i2.4864
Audia, S. D., Rohmi, F., & Sekarini, S.
(2020). Differences Effect Of
Language Stimulation Using
“Wayang Kertas” And Story Books
On Children’s Speaking Skills (4-5
Years). Jurnal Ilmu Keperawatan
(Journal Of Nursing Science), 8(2),
–120.
Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jik.20
008.02.8
Arifiyanti, N., & Ananda, K. (2018).
Produksi Kosakata Anak Melalui
Electronic Wordless Picture
Storybook. Retorika: Jurnal
Bahasa, Sastra, Dan
Pengajarannya, 11(2), 101.
Https://Doi.Org/10.26858/Retorika.
V11i2.6405
Benitez, V. L., & Saffran, J. R. (2018).
Predictable Events Enhance Word
Learning In Toddlers. Current
Biology, 28(17), 2787–2793.E4.
Https://Doi.Org/10.1016/J.Cub.201
06.017
Bornstein, Hahn, & Suwalsky. (2013).
Language And Internalizing And
Externalizing Behavioral
Adjustment: Developmental
Pathways From Childhood To
Adolescence. Development And
Psychopathology, 25(3), 857–878.
Dhamayanti, M. (2016). Kuesioner
Praskrining Perkembangan (Kpsp)
Anak. Sari Pediatri, 8(1), 9.
Https://Doi.Org/10.14238/Sp8.1.20
9-15
Downer, J. T., López, M. L., Grimm, K.
J., Hamagami, A., Pianta, R. C., &
Howes, C. (2012). Observations Of
Teacher-Child Interactions In
Classrooms Serving Latinos And
Dual Language Learners:
Applicability Of The Classroom
Assessment Scoring System In
Diverse Settings. Early Childhood
Research Quarterly, 27, 21–32
Firdaus, F. Firda, & Andini, E. (2019).
Analysis Of Stimulation Auditory
Since The Development Of
Language In Children Ages 12-24
Months In 19 Th And 20 Th
Neighborhood Association,
Tawangsari Barat Village,
Sidoarjo, East Java Province,
Indonesia. Nurse And Health:
Jurnal Keperawatan, 8(1), 50–55.
Https://Doi.Org/10.36720/Nhjk.V8i
60
Kementerian Kesehatan Republik
Indonesia. (2015). Buku Ajar
Kesehatan Ibu Dan Anak. In
Departemen Kesehatan Republik
Indonesia.
Kementerian Kesehatan RI. (2018).
Laporan Riskesdas 2018. Laporan
Nasional Riskesdas 2018, 53(9),
–222.
Http://Www.Yankes.Kemkes.Go.Id/
Assets/Downloads/Pmk
Kirkorian, H. L. (2016). Hollins Digital
Commons Toddlers ’ Word
Learning From Contingent And
Non-Contingent Video On
Touchscreens. 405–413.
Kurniati, E. (2017). Perkembangan
Bahasa Pada Anak Dalam
Psikologi Serta Implikasinya
Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah
Universitas Batanghari Jambi,
(3), 47–56.
Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V17
i3.401
Marzali, A. (2016). Menulis Kajian
Literatur. Jurnal Etnosia, 1(2), 27–
Nurbiana, Dhieni dkk. (2014). Metode
pengembangan bahasa.
Tangerang: Universitas Terbuka.
Nuryanto, S. (2017). Penggunaan
Metode Read Aloud Untuk Mendongeng Pada Anak Usia Dini.
Jurnal Audi, 1(1), 38–44.
Pusari, R. W., & Karmila, M. (2018). The
Effectivity Of Language Games
Method And Learning Motivation
Toward The. Indonesian Journal
Of Early Chilhood Education
Studies, 7(1).
Rahmawati, W., Nugraheni, A., &
Rahmadi, F. (2016). Pengaruh
Stimulasi Media Interaktif
Terhadap Perkembangan Bahasa
Anak 2-3 Tahun. Jurnal
Kedokteran Diponegoro, 5(4),
–1885.
Rizkiyana, M. (2019). Meningkatkan
Perkembangan Bahasa Anak Usia
Dini Melalui Media Kartu
Bergambar Kelompok A Di Tk
Aisyiah Bustanul Athfal Wates
Gadingrejo Pringsewu. Universitas
Islam Negeri Raden Intan.
Robingatin Dan Zakia, U. (2019).
Pengembangan Bahasa Anak Usia
Dini. Ar-Ruzz Media.
Rofiah, S., Setyowati, & Idhayanti, R. I.
(2018). Media Gambar Flashcard
Dalam Menstimulasi
Perkembangan Bahasa Anak Usia
-4 Tahun. Jurnal Jendela Inovasi
Daerah, I(2), 78–92.
Http://Jurnal.Magelangkota.Go.Id/I
ndex.Php/Cendelainovasi/Article/Vi
ew/19
Russell, E. E. (2017). Children’s Label-
Learning Experience Within
Superordinate Categories
Facilitates Their Generalization Of
Labels For Additional Category
Members. Psychology Of
Language
Snyder, H. (2019). Literature Review As
A Research Methodology : An
Overview And Guidelines. Journal
Of Business Research,
(August), 333–339.
Https://Doi.Org/10.1016/J.Jbusres.
07.039
Strouse, G. A., & Ganea, P. A. (2017).
Toddlers’ Word Learning And
Transfer From Electronic And Print
Books. Journal Of Experimental
Child Psychology, 156, 129–142.
Https://Doi.Org/10.1016/J.Jecp.20
12.001
Sudartinah, T. (2016). The Role Of
Parentese In First Language
Acquisition: A Psycholinguistic
Study. Journal Of English And
Education, 2(1), 54–66.
Https://Doi.Org/10.20885/Jee.Vol2.
Iss1.Art6
Wati, H. R., Padang, U. N., Age, G.,
Ilmiah, J., Kembang, T., Usia, A., &
Kata, K. (2019). Stimulasi
Kemampuan Berbicara Anak Di
Paud Solok Selatan Sejahtera.
Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang
Anak Usia Dini, 4(2), 51–60.
Yarrow, L. J. (2014). Development
Course On Parental Stimulation
And Its Relationship Of Mastery
Motivation During Infancy.
Developmental Psychology, 20.
Zulminiati, & Hartati, S. (2019).
Significant Sensory Stimulation
Program Through The Use Of
Flash Card As Media Of Toddler
Language Development At Pre-
Kindergarten. 293(Nfeic 2018),
–171.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v6i2.48037
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Visitors