PERILAKU CARING PERAWAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT: LITERATURE REVIEW

Ismaniar Nurwianti, Mita Mita, Triyana Harlia Putri

Abstract


Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator utama dalam aspek pelayanan kesehatan di rumah sakit. Pasien yang memiliki tingkat kepuasan tinggi terhadap pelayanan keperawatan di rumah sakit menentukan keputusannya untuk berkunjung di lain waktu pada masa mendatang. Berdasarkan banyaknya tinjauan mengenai adanya konsep caring dan kepuasan pasien, maka peneliti tertarik untuk melakukan literature review demi mengkaji hubungan caring dengan kepuasan pasien, serta konsep caring dan kepuasan pasien itu sendiri. Tujuan: Mengetahui perilaku caring perawat terhadap tingkat kepuasan pasien di rumah sakit. Metode: Metode yang digunakan adalah penelusuran database elektronik pada PubMed, Google Scholar, dan Science Direct dengan rentang periode publikasi tahun 2015 – 2020. Hasil: Delapan artikel dipakai dalam review. Seluruhnya menunjukkan hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Indikator perilaku caring yang dibutuhkan sebaiknya dapat disesuaikan dengan kebutuhan perawatan pasien yang ada. Kesimpulan: Perilaku caring perawat sangat esensial untuk dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pasien karena berdampak positif pada kondisi kesehatan pasien.


Keywords


Nursing care, Nurse caring, dan Patient satisfaction

References


Al-Awamreh, K., & Suliman, M. (2019). Patients’ satisfaction with the quality of nursing care in thalassemia units. Applied Nursing Research, 47, 46–51.

Asriwati, I. (2019). Buku Ajar Antropologi Kesehatan dalam Keperawatan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Bucco, T. (2015). The Relationships Between Patients’ Perceptions of Nurse Caring Behaviors, Nurses’ Perceptions of Nurse Caring Behaviors and Patient Satisfaction in the Emergency Department [Seton Hall University.

Buchanan, J., Dawkins, P., & Lindo, J. L. M. (2015). Satisfaction with nursing care in the emergency department of an urban hospital in the developing world: A pilot study. International Emergency Nursing, 1–7.

Compton, E. K., Gildemeyer, K., Mason, T. M., Hartranft, S. R., & Sutton, S. K. (2018). Nurses’ Caring Behaviors: The perception of patients with cancer at the time of discharge after surgery. Clinical Journal of Oncology Nursing, 22(2), 169–174.

Cosma, S. A., Bota, M., Fleşeriu, C., Morgovan, C., Văleanu, M., & Cosma,

D. (2020). Measuring patients’

perception and satisfaction with the Romanian healthcare system. Sustainability (Switzerland), 12(4), 1–16. Edvardsson, D., Watt, E., & Pearce, F. (2016). Patient experiences of caring and person- centredness are associated with perceived nursing care quality. Journal

of Advanced Nursing, 1–11.

Farzianpour, F., Byravan, R., & Amirian, S. (2015). Evaluation of Patient Satisfaction and Factors Affecting It: A Review of the Literature. Health, 07(11), 1460–

Goh, M. L., Ang, E. N. K., Chan, Y.-H., He,

H.-G., & Vehviläinen-Julkunen, K. (2016). A descriptive quantitative study on multi-ethnic patient satisfaction with nursing care measured by the Revised Humane Caring Scale. Applied Nursing Research, 31, 126–131.

Ginting. (2016). Hubungan perilaku caring perawat terhadap kepuasan pasien diruangan penyakit dalam rumah sakit santa elisabeth medan tahun 2016. Jurnal ilmiah PANNMED, Volume 11 , No.1, 51

- 55.

Ismaniar. (2019). Keselamatan pasien di rumah sakit. Yogyakarta: Deepublish.

Karaca, A., & Durna, Z. (2019). Patient satisfaction with the quality of nursing care. Nursing Open, 6, 535–545.

Nightingale, S., Spiby, H., Sheen, K., & Slade,

P. (2018). The impact of emotional intelligence in health care professionals on caring behaviour towards patients in clinical and long-term care settings: Findings from an integrative review. International Journal of Nursing Studies, 80, 106–117.

Romero-García, M., Delgado-Hito, P., Cueva- Ariza, L. de la, Martínez-Momblan, M. A., Lluch-Canut, M. T., Trujols-Albet, J., E-Udina, M.-E. J.-U., & Benito, L. (2018). Level of satisfaction of critical care patients regarding the nursing care received: Correlation with sociodemographic and clinical variables. Australian Critical Care, 1–8.

Salehi, A., Jannati, A., Nosratnjad, S., & Heydari, L. (2018). Factors influencing

the inpatients satisfaction in public hospitals: a systematic review. Bali Medical Journal, 7(1), 17.

Sillero, A. S., & Zabalegui, A. (2018). Satisfaction of surgical patients with perioperative nursing care in a Spanish tertiary care hospital. SAGE Open Medicine, 6, 1–9.

Teting, N. (2018). Teori Caring & Aplikasi dalam Pelayanan Keperawatan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v7i2.46027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal Visitors

Flag Counter