PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN DENGAN METODE STORYTELLING MENGGUNAKAN FINGER PUPPET (BONEKA JARI) TERHADAP KEMAMPUAN MENCUCI TANGAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD PAGI CERIA PONTIANAK UTARA

Miranda Fitra Bellinda .

Abstract


Diare menjadi penyakit pembunuh kedua bagi anak-anak di bawah lima tahun dan
menyebabkan kematian sekitar 525.000 anak setiap tahunnya. Penyakit diare dapat dicegah
dan diobati dengan menjaga kebersihan diri anak satu diantaranya mencuci tangan dengan
sabun dapat mengurangi angka kejadian diare sampai 40%. Upaya untuk membudayakan
perilaku cuci tangan adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan pada anak. Satu diantara
metode yang dapat menarik perhatian anak adalah dengan metode storytelling menggunakan
finger puppet (boneka jari). Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh pendidikan
kesehatan cuci tangan pakai sabun dengan metode storytelling menggunakan finger puppet
(boneka jari) terhadap kemampuan mencuci tangan pada anak usia prasekolah di PAUD Pagi
Ceria Pontianak Utara. Penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian pra eksperimen
(pre experimental designs), one group pretest posttest pada 19 responden. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi SOP mencuci tangan. Data hasil uji
wilxocon diperoleh nilai p=0,000 (p<0,05). Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
pendidikan kesehatan cuci tangan pakai sabun dengan metode storytelling menggunakan finger
puppet (boneka jari) terhadap kemampuan mencuci tangan. Adanya pengaruh pendidikan
kesehatan cuci tangan pakai sabun dengan metode storytelling menggunakan finger puppet
(boneka jari) terhadap kemampuan mencuci tangan pada anak usia prasekolah di PAUD Pagi
Ceria Pontianak Utara. Sehingga storytelling dapat digunakan sebagai metode pendidikan
kesehatan cuci tangan pakai sabun yang dapat diberikan kepada anak usia prasekolah agar
dapat melakukan cuci tangan yang baik dan benar.
Kata Kunci: Cuci Tangan Pakai Sabun, Storytelling, Boneka Jari, Usia Prasekolah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/jpn.v4i1.34468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal Visitors

Flag Counter