FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN METODE SEVEN JUMP PADA PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN
Abstract
Latar Belakang: Untuk meningkatkan pembelajaran yang berkualitas diperlukan metode pembelajaran yang
tepat. Hal ini dapat melalui penerapan metode seven jump pada problem based learning. Untuk memperoleh
kepuasan belajar yang baik dapat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti motivasi, kerja tim dan dinamika
kelompok, serta lingkungan.
Tujuan: Menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan metode seven jump pada problem
based learning terhadap kepuasan belajar mahasiswa Program Studi Keperawatan
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah observasinal analitik dengan pendekatan cross sectional.
Teknik pengambilan sampel adalah total sampling dengan jumlah 112 responden. Pengumpulan data dengan
menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan uji chi square.
Hasil: Dalam pelaksanaan metode seven jump pada problem based learning terhadap kepuasan belajar
mahasiswa Program Studi Keperawatan didapatkan bahwa variabel angkatan p= 0,566, jenis kelamin p= 0,815,
dan frekuensi mengikuti metode seven jump p= 0,566 tidak terdapat hubungan. Sedangkan pada variabel
motivasi p= 0,004, kerja tim dan dinamika kelompok p= 0,000, dan variabel lingkungan p= 0,000 menunjukkan
(p< 0,05) sehingga terdapat hubungan yang bermakna.
Kesimpulan: Ada hubungan antara motivasi, kerja tim dan dinamika kelompok, lingkungan dengan
pelaksanaan metode seven jump pada problem based learning terhadap kepuasan belajar mahasiswa Program
Studi Keperawatan.
Kata kunci : Faktor-Faktor Metode Seven Jump, Kepuasan Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jpn.v4i1.34463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Visitors