PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGOSOK GIGI DENGAN METODE STORYTELLING TERHADAP PRAKTIK MENGGOSOK GIGI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 PONTIANAK TENGGARA

Engelia Rezeki Tampubolon .

Abstract


Latar Belakang : Kesehatan gigi dan mulut pada anak usia prasekolah menjadi masalah kesehatan
yang penting untuk diperhatikan. Praktik menggosok gigi yang baik harus dikenalkan sejak dini pada
anak usia prasekolah, untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut sejak dini serta meningkatkan
perilaku benar dalam menggosok gigi. Pentingnya praktik menggosok gigi yang baik dapat
disampaikan melalui pendidikan kesehatan menggosok gigi dengan metode storytelling, agar anak
mudah menangkap dan memahami informasi tersebut.
Tujuan : Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggosok gigi dengan metode storytelling
terhadap praktik menggosok gigi pada anak usia prasekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3
Pontianak Tenggara.
Metode : Penelitian kuantitatif menggunakan pre and post test without control group design pada 20
responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi SPO menggosok
gigi dan alat tulis lainnya.
Hasil : Data hasil uji wilxocon diperoleh nilai p (0,001) < 0,05. Nilai ini menunjukkan H0 ditolak,
sehingga ada pengaruh pendidikan kesehatan menggosok gigi dengan metode storytelling terhadap
praktik menggosok gigi
Kesimpulan : Adanya pengaruh pendidikan kesehatan menggosok gigi dengan metode storytelling
terhadap praktik menggosok gigi pada anak usia prasekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3
Pontianak Tenggara. Sehingga storytelling dapat digunakan sebagai metode pendidikan kesehatan
menggosok gigi yang dapat diberikan kepada anak usia prasekolah agar dapat melakukan praktik
menggosok gigi yang baik.

Kata Kunci : Storytelling, Praktik Menggosok Gigi, Usia Prasekolah


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v4i1.34062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal Visitors

Flag Counter