ANALISIS PENERAPAN PROSES ASUHAN KEPERAWATAN TERKAIT MANAJEMEN NYERI TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS TANJUNGPURA
Abstract
Nyeri merupakan masalah yang paling sering dialami pasien. Penanganan untuk
nyeri itu sendiri yaitu dengan dilakukannya pelayanan asuhan keperawatan yang
dilakukan secara akurat dan sistematis. Sehingga, akan memberikan penanganan
nyeri yang efektif dan memberikan efek pada kepuasan pasien. Di rumah sakit
Universitas Tanjungpura terdapat beberapa pasien dengan nyeri namun untuk
proses asuhan tidak dilakukan secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penerapan proses asuhan keperawatan terkait manajemen nyeri
terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Universitas Tanjungpura. Dengan
menggunakan kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan Cross Sectional.
Dengan melakukan observasi atau pengumpulan data secara bersamaan pada 76
pasien yang mempunyai diagnosa keperawatan nyeri. Instrumen yang digunakan
berupa studi dokumentasi rekam medis dan kuisioner kepuasan pasien. Jenis
analisis yang digunakan yaitu uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan ChiSquare
tidak terdapat hubungan antara dua variabel tersebut dengan nilai P
Value=0,534 (>0,05). Sehingga dapat disimpulkan tidak ada hubungan antara
penerapan proses asuhan keperawatan terkait manajemen nyeri terhadap kepuasan
pasien di Rumah Sakit Universitas Tanjungpura.
Kata kunci : Asuhan Keperawatan, Nyeri, Kepuasan Pasien
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v4i1.33513
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Visitors