HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGANKEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUMKABUPATEN BENGKAYANG TAHUN 2018
Abstract
Latar Belakang : Masyarakat selalu mengharapkan agar pelayanan rumah sakit terutama keperawatan
memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan bagi setiap penggunan yang memanfaatkannya. Dengan
demikian pihak rumah sakit selalu berusaha meningkatkan layanan kepada pasien. Mutu pelayanan yang
sempurna dapat menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. Kepuasan pasien muncul akibat dari kinerja
layanan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan. Berdasarkan studi
pendahuluan di RSUD Bengkayang pasien menyatakan perawat tidak ramah kepada pasien, perawat hanya
sebatas melakukan intervensi tanpa ada komunikasi kepada pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUD Bengkayang
Tujuan : Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis hubungan pelayanan keperawatan terhadap kepuasan
pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bengkayang Tahun 2018
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitif. Desain penelitian yaitu analitik korelasi dengan
pendekatan survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang dengan teknik pengambilan sampling yaitu
accidental sampling. Hasil penelitian dianalisa menggunakan uji chi-square.
Hasil : Hasil analisa yang menyatakan mutu pelayanan keperawatan baik 18%, cukup baik 36% dan tidak baik
46%. Sedangkan kepuasan 17% merasa puas dan 66% menyatakan tidak puas. Berdasarkan uji chi-square
didapatkan hasil r sebesar 0,049 p value = 0,001 yang menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan
antara mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien
Kesimpulan : Terdapat hubungan mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien rawat inap Rumah
Sakit Umum Daerah Kabupaten Bengkayang Tahun 2018. Bagi Rumah Sakit diharapkan dapat lebih
meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dengan melakukan survei kepuasan kepada pasien dan melakukan
evaluasi secara berkala.
Kata Kunci : Mutu Pelayanan keperawatan, Kepuasan pasien
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v4i1.33087
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Visitors