PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN SECARA AUDIOVISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK SDN 28 SEBOTUH DI KABUPATEN SANGGAU
Abstract
Latar Belakang : Gigi dan mulut yang tidak sehat akan menimbulkan berbagai
macam penyakit yang menggangu kesehatan gigi dan mulut. Perlunya menjaga
kesehatan gigi dan mulut harus dilakukan sejak usia dini untuk mencegah dampak
yang lebih buruk kedepannya sehingga perlu dilakukan pendidikan kesehatan.
Penggunaan media audiovisual dalam pendidikan kesehatan dapat memengaruhi
tingkat pengetahuan anak mengenai kesehatan gigi dan mulut.
Tujuan : Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan secara audiovisual terhadap
tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak SDN 28 Sebotuh di
Kabupaten Sanggau
Metode : Desain penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one group pre
test-post test desain tanpa menggunakan kelompok kontrol. Jumlah sampel pada
penelitian ini sebanyak 32 responden dengan menggunakan total sampling.
Pengambilan data tingkat pengetahuan responden menggunakan kuesioner
berjumlah 10 pertayaan. Data dihitung menggunakan Uji Mc Nemar dengan nilai
p<0,05.
Hasil : Tingkat pengetahuan responden sebelum diberikan pendidikan kesehatan
secara audiovisual dengan kategori baik sebesar 46,9%. Setelah diberikan
pendidikan kesehatan pengetahuan baik menjadi meningkat yaitu 78,1%. Hasil
yang didapat menggunakan Uji Mc Nemar diperoleh nilai p= 0,013.
Kesimpulan : Pendidikan kesehatan secara audiovisual berpengaruh dalam
meningkatkan pengetahuan anak tentang kesehatan gigi dan mulut di SDN 28
Sebotuh. Penggunaan media audiovisual dalam bentuk kartun dapat
direkomendasikan sebagai alternatif baru sebagai metode penyuluhan kesehatan
dalam praktik keperawatan berbasis komunitas.
Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Tingkat Pengetahuan, Kesehatan Gigi dan
Mulut Anak
Referensi : 64 (2003-2016)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jpn.v3i1.28155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Visitors