PENGARUH TERAPI BERMAIN LILIN TERHADAP PELAKSANAAN REGIMEN TERAPI OBAT ORAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) DI RUANG RAWAT INAP ANAK RSUD dr. ABDUL AZIZ SINGKAWANG
Abstract
Latar Belakang: Hospitalisasi membuat anak menjadi cemas takut, sehingga anak tidak mudah
untuk menerima tindakan keperawatan sehingga beresiko pada tertundanya regimen terapi obat
oral. Terapi bermain lilin bertujuan untuk meningkatkan pemberian obat oral pada anak usia
prasekolah dengan stress hospitalisasi, memfasilitasi perawat dalam berkomunikasi verbal maupun
non verbal kepada anak, untuk memberikan pelepasan stress dan ketegangan, memungkinkan
ekspresi emosi dan pelepasan impuls yang dapat diterima secara sosial bagi anak
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain lilin terhadap
pelaksanaan regimen terapi obat oral di ruang Rawat Inap Anak RSUD dr. Abdul Aziz
Singkawang.
Metodologi Penelitian: Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan metode pendekatan
Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini 28 responden terbagi menjadi
14 responden pada kelompok intervensi dan 14 responden pada kelompok kontrol. Uji statistik
yang digunakan T-test berpasangan.
Hasil: Hasil menunjukkan dengan nilai significancy (p<0,05). Nilai ini menyatakan bahwa ada
pengaruh terapi bermain lilin terhadap pelaksanaan regimen terapi obat oral di ruang Rawat Inap
Anak RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang.
Kesimpulan: Ada perbedaan pelaksanaan pemberian obat oral, sebelum dan setelah pelaksanaan
terapi bermain lilin. Direkomendasikan bagi perawat, terapi bermain lilin dapat diterapkan untuk
memudahkan dalam pemberian tindakan keperawatan khususnya pemberian obat oral agar lebih
efektif.
Kata Kunci : Terapi Bermain, Lilin, Pelaksanaan Regimen Terapi, Anak Usia Prasekolah, Obat
Oral
Daftar Pustaka : 10 (2003, 2014)
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.28101
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Visitors