ANALISA PERSEPSI PERAWAT TENTANG PELAKSANAAN TERAPI BERMAIN PADA ANAK YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DI RSUD dr ABDUL AZIZ SINGKAWANG : STUDI FENOMENOLOGI
Abstract
Latar Belakang: Peran perawat dalam asuhan keperawatan adalah mencegah terjadinya
kesalahan dalam pemberian terapi, mengurangi stressor dan perasaan takut akibat perlakuan
intervensi medis. Intervensi keperawatan dalam mengatasi dampak hospitalisasi pada anak
adalah dengan terapi bermain, dan untuk dapat terlaksananya terapi bermain yang dilakukan
oleh perawat diruang rawat inap harus didasari adanya pengetahuan dan pandangan perawat
tentang kegiatan bermain yang akan dilakukan.
Tujuan: Menganalisis persepsi perawat tentang pelaksanaan terapi bermain pada anak
yang dihospitalisasi di RSUD dr Abdul Aziz Singkawang.
Metode: Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang dianalisis
dengan menggunakan metode Miles dan Huberman. Penelitian pada 6 informan, perawat
ruang rawat inap anak.
Hasil: didapatkan lima tema tentang pelaksanaan terapi bermain, yaitu (1) persepsi negatif
terhadap anak sakit, (2) pelaksanaan asuhan keperawat anak, (3) hambatan dalam
pelaksanaan terapi bermain, (4) pentingnya perawatan anak saat dihospitalisasi, (5) alat
permainan edukatif dalam terapi bermain.
Kesimpulan: Didapatkan lima tema dalam pembahasan analisa persepsi perawat tentang
pelaksanaan terapi bermain pada anak yang mengalami hospitalisasi.
Implikasi: Rumah sakit diharapkan dapat mempertimbangkan penelitian ini untuk dijadikan
bahan sebagai standar kebijakan perawatan anak sakit.
Kata Kunci : Persepsi, Terapi Bermain, Hospitalisasi
Referensi : 59 (2008-2016)
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.27499
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Visitors