PENGARUH TERAPI BERMAIN MENGGUNTING KERTAS TERHADAP PENINGKATAN MOTORIK HALUS PADA ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDERS (ASD) DI SLB BINA ANAK BANGSA PONTIANAK

Irawan Dwi Sentosa .

Abstract


Latar Belakang:Anak dengan Autism Spectrum Disorders (ASD) memiliki
gangguan tumbuh kembang salah satunya yaitu gangguan fungsi motorik halus.
Terapi bermain menggunting kertas merupakan salah satu intervensi yang dapat
diberikan karena melatih koordinasi antara mata, tangan, dan konsentrasi anak.
Tujuan:Mengetahui pengaruh terapi bermain menggunting kertas terhadap
peningkatan motorik halus pada anak dengan Autism Spectrum Disorders (ASD).
Metode:Menggunakan rancangan quasy eksperimen dengan pre test and post test
without control group. Metode pengambilan sampel dengan total sampling
berjumlah 16 responden. Analisa menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil:Hasil menunjukkan nilai median kemampuan motorik halus sebelum
intervensi adalah 4,50 (3-7), sedangkan nilai median kemampuan motorik halus
setelah intervensi adalah 6,50 (3-9). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai
p=0,001<0,05. Nilai ini menyatakan bahwa terapi bermain menggunting kertas
dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan Autism spectrum
Disorders (ASD).
Kesimpulan: Terdapat pengaruh terapi bermain menggunting kertas terhadap
kemampuan motorik halus sebelum dan sesudah diberikan intervensi pada anak
dengan Autism Spectrum Disorders (ASD) di SLB Bina Anak Bangsa Pontianak.
Kata Kunci :ASD, Terapi bermain menggunting kertas, Motorik Halus
Referensi :50 (2005-2017)


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.27428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal Visitors

Flag Counter