PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG DISMENORE TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI SMP NEGERI 2 SUNGAI AMBAWANG

Tarida Kristina Pasaribu .

Abstract


Latar Belakang : Pendidikan kesehatan dibutuhkan untuk memberikan informasi yang dapat
mempengaruhi pengetahuan remaja putri agar remaja yang mengalami dismenore dapat
menanganinya dengan baik sehingga aktivitas mereka tidak terganggu saat menstruasi dan dapat
meningkatkan kesehatan reproduksi.
Tujuan : Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang dismenore terhadap pengetahuan
remaja putri SMP Negeri 2 Sungai Ambawang.
Metode : Penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian semu eksperimen dengan rancangan
penelitian pre and post test nonequivalent control group. Teknik sampling yang digunakan adalah
total sampling dengan jumlah responden 60 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 30 orang
kelompok intervensi dan 30 orang kelompok kontrol.
Hasil : Uji Hipotesis dengan Uji t berpasangan menunjukkan ada perbedaan yang bermakna antara
pretest dan posttest pengetahuan pada kelompok intervensi (p= 0,0001), Uji t berpasangan
menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna pengetahuan pada kelompok kontrol (p = 0,157 ).
Uji t tidak berpasangan menunjukkan ada perbedaan yang bermakna pada pengetahuan posttest
diantara kedua kelompok dengan p-value sebesar 0,0001 (<0,05).
Kesimpulan : Pendidikan kesehatan tentang dismenore memberikan pengaruh terhadap
peningkatan pengetahuan pada remaja putri SMP Negeri 2 Sungai Ambawang.Hasil penelitian
diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan promosi kesehatan khususnya
edukasi kesehatan reproduksi remaja perempuan.

Kata kunci : Pendidikan kesehatan, Dismenore, Pengetahuan
Referensi:54 (2005-2016)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/jpn.v3i1.27264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal Visitors

Flag Counter