PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE AUDIOVISUAL TERHADAP PELAKSANAAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK AL ADABIY

Dita Prillia Ruby .

Abstract


Latar Belakang: Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang belum benar sering ditemukan pada anak usia 10 tahun kebawah. Anak diusia tersbut sangat rentan terhadap penyakit, maka dibutuhkan peningkatan kesadaran akan pentingnya CTPS. Satu diantara upaya peningkatan kesadaran tersbut melalui pendidikan kesehatan dengan metode audiovisual. Metode ini efektif dalam penyampaian informasi pada anak usia prasekolah.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode audiovisual terhadap pelaksanaan cuci tangan pakai sabun pada anak usia prasekolah di TK Al Adabiy Pontianak.

Metode: Desain yang digunakan adalah desain kuasi eksperimen dengan pendekatan the one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Jumlah responden 22 orang. Uji statistik yang digunakan uji Mc Nemar.

Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode audiovisualterhadap pelaksanaan cusi tangan pakai sabun (p<0,05) nilai median menjadi 2,00.

Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini, ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode audiovisual terhadap pelaksanaan cuci tangan pakai sabun pada anak usia prasekolah. Sehingga metode audiovisualini dapat diaplikasikan sebagai salah satu upaya promotif dalam penyampaian informasi terhadap anak prasekolah.

 

Kata Kunci          : Cuci Tangan Pakai Sabun, Pendidikan Kesehatan, Metode Audiovisual

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.27106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal Visitors

Flag Counter