TERAPI REMINISCENCE TERHADAP PENURUNAN DEPRESI PADA LANJUT USIA DI PANTI JOMPO GRAHA WERDHA MARIE JOSEPH PONTIANAK UTARA DAN PANTI JOMPO GRAHA KASIH BAPA KABUPATEN KUBU RAYA

Julianto .

Abstract


Latar Belakang : Depresi pada lanjut usia ditandai dengan merasa tertekan, kurang mempunyai semangat, putus asa, dan berisiko terhadap bunuh diri. Beberapa lanjut usia yang tinggal di panti beresiko mengalami depresi. Terapi reminiscence bermanfaat dalam penurunan depresi pada lanjut usia melalui menceritakan pengalaman masa lalu yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan dopamin untuk memperbaiki mood.

Tujuan : Mengidentifikasi pengaruh terapi reminiscence terhadap skor depresi pada lanjut usia di  Panti Jompo Graha Marie Joseph Pontianak Utara dan Panti Jompo Graha Kasih Bapa Kabupaten Kubu Raya.

Metode : Penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan pre eksperiment dalam kategori satu kelompok (one group pretest- posttest design) pada 17 lanjut usia tanpa kelompok kontrol yang mengalami depresi melalui skrining MMSE. Beberapa instrumen reminiscence yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengalaman yang menyenangkan bersama keluarga dan dirumah, pengalaman yang menyenangkan pada periode masa dewasa, pengalaman yang menyenangkan pada periode masa remaja, pengalaman yang menyenangkan pada periode masa masa anak.

Hasil : Setelah diberikan terapi reminiscence pada lanjut usia menunjukan adanya penurunan skor Geriatric Depression Scale yang ditunjukan oleh uji t berpasangan yang memberikan nilai signifikan p < 0,002, dengan perubahan mean dari 8,00 ± 1,768 menjadi 4,71 ± 2,640

Kesimpulan : Adanya pengaruh terapi reminiscence terhadap skor depresi pada lanjut usia di Panti Jompo Graha Marie Joseph Pontianak Utara dan Panti Jompo Graha Kasih Bapa Kabupaten Kubu Raya. Sehingga direkomendasikan lanjut usia menggunakan terapi reminiscence sebagai terapi komplementer dan dapat mendiskusikan kejadian-kejadian masa lalu yang menyenangkan secara rutin untuk mengatasi depresi.

 

Kata Kunci : Depresi, Terapi Reminiscence, Panti Lansia Referensi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.26540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

Journal Visitors

Flag Counter